Mother&Baby Indonesia
Dads, Ini Cara Taklukan Rasa Takut Menjadi Ayah!

Dads, Ini Cara Taklukan Rasa Takut Menjadi Ayah!

Calon ayah sering kali merasa takut dan berpikir bahwa mereka tidak bisa menjadi ayah yang baik. Bagaimana bisa menjadi ayah yang baik, jika menggendong bayi saja takut? Bagaimana dapat mengasuhnya dengan baik, jika mengganti popok saja bingung?

 

Pria memang tidak dilahirkan dengan naluri ibu yang secara natural bisa merawat bayi. Tetapi, jangan takut, Dads! Heidi Murkoff, penulis buku What to Expect When You're Expecting mengatakan, Anda akan menjadi orangtua yang baik setelah melalui berbagai tantangan dan pengalaman bersama bayi Anda.



 

Heidi mengatakan, meski setiap calon ayah secara alamiah akhirnya dapat mengatasi ketakutan tersebut, Anda tetap perlu melatih keterampilan sebagai orangtua. Bersama istri, Anda dapat berlatih memandikan, menggendong, menimang Si Kecil, dan melakukan  berbagai kegiatan lainnya.

 

"Sedikit demi sedikit, dengan ketabahan dan kerja keras, peran yang tampaknya sulit untuk dijalankan ini pun akan menjadi kebiasaan. Karena itu, teruslah berlatih hingga rasa takut tersebut dapat Anda taklukan," ujar Heidi.



 

Kini, sudah tersedia pula kursus yang mengajarkan dasar-dasar perawatan bayi. Ikutilah kelas tersebut dan jangan ragu ikut bertanya, jika istri sedang konsultasi ke dokter kandungan. Anda juga dapat mencari informasi seputar pengasuhan bayi di internet. Jika ada teman yang baru memiliki bayi, jangan sungkan untuk meminta petunjuk dari mereka. Anda juga bisa mencoba menggendong bayi teman Anda untuk mempersiapkan diri.

 

Namun, ingat! Setiap orang memiliki teknik pengasuhan yang berbeda. Karena itu, percayalah pada naluri Anda dan carilah gaya parenting yang cocok bagi Anda. Good luck, Dads! (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B UK)



Tags: father,   ayah,   calon_ayah,   mempersiapkan_diri_menjadi_ayah,   calon_ayah,   info_parenting








Cover Maret 2020