Mother&Baby Indonesia
Balita Terus Bertambah Tinggi Akibat Sindrom Sotos

Balita Terus Bertambah Tinggi Akibat Sindrom Sotos

Ada keanehan yang terjadi pada James Whitley. Meski masih berusia 3 tahun, namun tinggi badannya melebihi balita pada umumnya. Ia bahkan disebut-sebut sebagai balita tertinggi di Inggris. Bagaimana tidak? Tinggi badannya 2 kali lipat daripada anak normal lainnya.

 

Saat lahir, tinggi badan James hampir sama dengan bayi berusia 6 bulan. Setelah diperiksa, keanehan tersebut ternyata terjadi karena ia mengalami sindrom sotos. Sindrom ini terjadi karena mutasi gen NSD1 yang menyebabkan pertumbuhan cepat pada awal kehidupan, diikuti dengan gangguan belajar dan mobilitas, karena ketidakseimbangan otot dengan pertumbuhan tulang.



 

Ibu James, Michelle, sempat merasa sedih dan kaget dengan kondisi tidak normal yang dialami putranya. Namun melihat James menjalani masa kecilnya dengan bahagia, ia akhirnya bisa menerimanya.



 

Saat ini, tinggi James melebihi kakak perempuannya, Emma, 5, dan hampir mendekati tinggi kakak tertuanya, Spencer, 7. Ibunya berharap kelak James dapat berhenti bertumbuh tinggi. Beberapa ahli mengatakan ia kemungkinan bisa berhenti bertumbuh saat mengalami pubertas. Semoga saja ya, Moms! (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: sindrom_sotos,   kelainan,   tinggi_badan_anak,   kelainan_tinggi_badan,   kelainan_anak,   kelainan_balita,   i