Mother&Baby Indonesia
Cuti Melahirkan di Berbagai Belahan Dunia (2)

Cuti Melahirkan di Berbagai Belahan Dunia (2)

Jika di Indonesia cuti melahirkan bagi ibu hamil yang bekerja diberikan selama 3 bulan. Bagaimana dengan negara lain?

 

5. Inggris
Hak cuti melahirkan yang didapatkan wanita melahirkan di negara ini adalah 52 minggu dengan tetap menerima gaji sebesar 90 persen dari gaji normal. Ayah juga mendapatkan hak cuti melahirkan, agar bisa mendukung berperan dalam mengasuh anak di usia dini. Peran ayah juga penting untuk menyukseskan pemberian ASI eksklusif untuk Si Kecil.



 

Tunisia
Di antara negara-negara yang ada di dunia, Tunisia merupakan salah satu negara dengan pemberian cuti melahirkan paling singkat, yaitu hanya 30 hari. Peraturan ini berbeda untuk wanita yang bekerja di perusahaan publik dan swasta. Bagi wanita yang bekerja di perusahaan publik atau pemerintah, akan mendapatkan jatah cuti melahirkan yang lebih panjang, yaitu 60 hari. Sementara wanita yang bekerja di sektor privat, hanya mendapatkan waktu cuti melahirkan sebanyak 1 bulan. Cuti ini pun diberikan tanpa uang tunjangan.

 

Albania
Albania adalah negara agraris dengan jumlah pegawai hanya sedikit. Meskipun begitu, pemerintah Albania berani memberi cuti melahirkan selama 1 tahun. Gaji dibayarkan 80 persen untuk 150 hari pertama dan 50 persen untuk waktu cuti selanjutnya.

 

Norwegia



Norwegia memberikan cuti melahirkan selama 36-46 minggu untuk ibu melahirkan. Pihak ayah juga mendapatkan jatah cuti, hanya saja lebih singkat, yaitu 12 minggu. Selama masa cuti ini, gaji yang diterima adalah 100 persen. Ayah atau ibu baru bisa memperpanjang masa cuti dengan ketentuan gaji yang diterima hanya 80 persen saja.  Awalnya, negara ini memberikan jatah cuti melahirkan untuk para ayah selama 4 minggu, lewat ketentuan pemerintah yang dikeluarkan pada 1993. Namun kemudian, hak ini ditambah menjadi 12 minggu.

 

Amerika serikat

Amerika serikat merupakan satu-satunya negara maju yang memberikan cuti melahirkan hanya sedikit tanpa tunjangan apa pun. Cuti melahirkan yang ditetapkan oleh pemerintah di Negara Paman Sam ini hanya 84 hari. Selama masa cuti ini, ibu tidak diberikan gaji sama sekali. Meski begitu, tak sedikit perusahaan di Amerika yang menerapkan peraturan berbeda. Netflix, perusahaan penyewaan DVD online pertama dan terbesar di dunia asal Amerika, memberikan cuti melahirkan selama 1 tahun untuk ibu dan ayah, dengan pemberian gaji full setiap bulan.

 

Uni Emirat Arab

Negara-negara Timur Tengah memang dikenal dengan pemberian cuti melahirkan yang singkat dibanding negara di belahan dunia lain. Salah satu contohnya adalah Uni Emirat Arab yang hanya memberikan jatah cuti melahirkan selama 45 hari. Pembagiannya adalah 15 hari sebelum persalinan dan 30 hari setelahnya. Namun wanita di Uni Emirat Arab memiliki kondisi kerja yang paling baik dibanding negara-negara lainnya di Timur Tengah yang memiliki budaya patriarki lebih kental. Kebijakan ini merupakan kebijakan legal yang diterapkan pemerintah. Namun tak sedikit perusahaan yang memberikan pilihan lebih baik, yaitu memberikan cuti melahirkan lebih panjang dengan potongan gaji lebih sedikit. (OCH/ Dok. M&B UK)



Tags: cuti melahirkan,   info_karir,   cuti_melahirkan_di_berbagai_negara,   info_ibu,   tips_ibu










Cover Mei-Juni-Juli 2020