Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Nyeri Akibat Sciatica

Mengatasi Nyeri Akibat Sciatica

Sciatica timbul dari peradangan saraf sciatic yang terdapat pada bagian bawah punggung hingga kaki. Nah, sciatica ini timbul apabila saraf yang bertugas memberi rangsang rasa sensasi pergerakan otot itu meradang akibat tertekan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

 

1. Gunakan kompres hangat pada bagian yang sakit.



 

2. Beristirahatlah. Duduk atau berbaring dengan posisi yang nyaman bisa meredakan sakit pada punggung bagian bawah dan kaki.

 

3. Berbaring pada posisi miring, dengan bagian tubuh yang tak sakit berada di bawah. Contohnya jika Anda mengalami sakit pada kaki bagian kiri, berbaringlah dengan posisi miring ke kanan.

 

4. Untuk kenyamanan ekstra, gunakan kasur atau matras yang tak terlalu empuk dan bisa mendukung punggung dengan baik. Tempatkan bantal hamil atau bantal biasa di antara kaki Anda juga dapat membantu panggul dalam posisi yang baik hingga mengurangi tekanan pada saraf sciatic.

 

5. Lakukanlah latihan Kegel yang mampu memperkuat otot inti Anda dan mengurangi peradangan.

 



6. Berenang juga mampu mengurangi tekanan pada saraf ini karena mengapung di air secara temporer 'melegakan' tulang punggung dari beban kehamilan.

 

7. Akupuntur, chiropractic, atau terapi pijat kehamilan (hanya dilakukan oleh praktisi yang bersertifikat dan terlatih), mungkin juga membantu meredakan rasa sakit.

 

8. Menggunakan pregnancy belt (yang digunakan di bawah perut) juga bisa dicoba.

 

9. Jika rasa sakit semakin bertambah, konsultasikan dengan dokter Anda.

 

Pada umumnya, bumil yang mengalami sciatica akan membaik dalam waktu 6 minggu dan sebanyak 90 persen membaik selama 12 minggu. Namun beberapa orang mengalami gejalanya lebih lama. (OCH/M&B UK)



Tags: sciatica,   kehamilan,   nyeri,   info_kehamilan,   info_hamil










Cover April 2020