Mother&Baby Indonesia
Gusi Bengkak saat Hamil

Gusi Bengkak saat Hamil

Saat hamil, Anda mungkin kerap mengalami masalah pada bagian mulut, seperti gusi bengkak atau gusi berdarah yang terjadi ketika Anda menyikat gigi. Tidak perlu khawatir, Moms! Hal tersebut normal dialami ibu hamil.

 

Menurut dr. Ardiansjah Dara, Sp.OG, M.Kes dari MRCCC Siloam Hospital, Semanggi, Jakarta, masalah pada gusi saat hamil disebabkan oleh perubahan hormon, sama seperti ketika Anda mengalami mual-muntah di pagi hari (morning sickness) dan berbagai perubahan fisik lainnya. Perubahan hormonal tersebut berdampak pada saluran pencernaan ibu hamil, dari mulut (gusi bengkak atau berdarah), lambung, usus, sampai anus.



 



Hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan membuat gusi menjadi sangat sensitif. Gusi yang sensitif menyebabkan bakteri menjadi plak dan meningkatkan suplai darah ke rongga mulut. Selain bengkak, gusi menjadi kemerahan dan mudah berdarah saat menyikat gigi. Untuk mengurangi risiko gusi berdarah, sebaiknya gosok gigi menggunakan sikat gigi yang halus, berkumur dengan air garam, dan hindari penggunaan tusuk gigi. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: gusi_bengkak,   kehamilan,   info_hamil,   tips_hamil