Mother&Baby Indonesia
Pemeriksaan yang Dilakukan Jelang Persalinan

Pemeriksaan yang Dilakukan Jelang Persalinan

Dijawab oleh dr. Indah Fauzi, Sp.OG, Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan RS MH. Thamrin Internasional

 

T: Saat ini, usia kandungan saya menginjak 34 minggu. Pada kunjungan terakhir 2 minggu lalu, dokter mengatakan akan melakukan pemeriksaan dalam saat usia kandungan saya memasuki 9 bulan. Mengapa saya harus melakukan pemeriksaan dalam dan bagaimana prosedurnya?



 

J: Pemeriksaan dalam pada usia kehamilan 36 minggu, rutin dilakukan pada ibu-ibu yang akan menghadapi persalinan normal (pervaginam) untuk pertama kalinya dan vaginal birth after C-section (persalinan normal dengan riwayat sebelumnya operasi Cesar). Tujuan pemeriksaan tersebut untuk mengevaluasi ukuran panggul ibu apakah ukurannya cukup untuk dilewati bayi saat persalinan.



 

Cara yang dilakukan adalah dengan posisi ibu telentang di meja ginekologi, kemudian dokter atau bidan akan memasukkan jari telunjuk dan jari tengah ke dalam vagina ibu untuk mengukur perkiraan diameter pintu atas panggul dan diameter panggul tengah. Hasil yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan ukuran (biometri) bayi yang diperoleh dari pemeriksaan ultrasonografi pada saat yang sama. Dari kedua pemeriksaan ini, akan ditentukan apakah ibu bisa menjalani persalinan normal atau langsung menjalani operasi Caesar.(FBS/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: pemeriksaan_kehamilan,   vaginal_birth,   persalinan,