Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Kehidupan Seks Kembali Menyenangkan

Tips Agar Kehidupan Seks Kembali Menyenangkan

Menjalani rutinitas sehari-hari tentu cukup melelahkan bagi Anda dan pasangan. Belum lagi jika Anda sedang stres dengan pekerjaan di kantor atau berat badan yang belum turun juga setelah melahirkan. Ada banyak alasan mengapa hubungan Anda dan suami tidak sehangat di awal membina rumah tangga, terutama menyangkut hubungan seks.

 

WebMD melaporkan bahwa kehidupan seks yang sehat merupakan kunci utama hubungan pasangan menjadi harmonis. Jadi, jika Anda berdua tidak cepat-cepat menyelesaikan permasalahan ini, kehidupan rumah tangga Anda bisa berantakan. Yuk, cari tahu permasalahan yang Anda alami, serta bagaimana cara membangkitkan mood agar kehidupan seks Anda kembali sehat!

 

Masalah: Sama saja dan tidak ada perubahan
Solusi: Spontanitas!

Ketika Anda sudah berumah tangga, apa yang Anda jalani setiap hari akan menjadi rutinitas yang membosankan. Agar Anda tidak bosan dan merasa seperti pasangan baru menikah, Renee Horowitz, dokter kandungan sekaligus perintis Center for Sexual Wellness di Michigan, menyarankan untuk mengubah banyak faktor dalam hubungan seks Anda, misalnya mencoba tempat yang berbeda, waktu yang berbeda, dan posisi yang berbeda. “Jangan lupa lakukan seks kilat di pagi hari, di dalam kamar mandi, atau jelajahi setiap ruangan di rumah Anda,” ujar Renee.

 

Masalah: Tidak percaya diri dengan tubuh sendiri
Solusi: Fokus pada apa yang Anda sukai

Berat badan yang belum kembali normal kerap kali menjadi masalah ibu baru. Kepercayaan diri pasti akan menurun ketika Anda tidak mencintai diri sendiri. Dan saat Anda tidak mencintai diri sendiri, Anda pun tidak ingin membagi diri Anda kepada orang lain. Terapi singkat yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mencari bagian tubuh mana yang paling Anda sukai atau fokuslah kepada tubuh pasangan Anda. Apa yang membuat Anda mencintai suami? Bagian tubuh mana yang membuatnya terlihat sangat seksi? Dengan mengalihkan fokus Anda, maka Anda dan pasangan pun dapat menikmati waktu berdua.

 

Masalah: Terlalu banyak yang dikerjakan, terlalu lelah
Solusi: Sediakan waktu berdua

Setiap pasangan pasti merasa lelah dengan rutinitas masing-masing dan terkadang membuat mereka kehabisan energi untuk melakukan hubungan intim di malam hari. Sadie Allison, edukator seks, menyarankan Anda untuk selalu memprioritaskan hubungan seks bersama pasangan. Ia menuturkan, “Tidak apa-apa jika Anda melakukan seks kilat sesekali jika terlalu lelah, namun sebaiknya sediakan waktu untuk 'melarikan diri' bersama pasangan dari segala rutinitas. Pergilah berkencan untuk membangkitkan mood sebelum berhubungan intim.”

 

Masalah: Terasa asing
Solusi: Kenali pasangan lebih jauh

Jika Anda dan pasangan sudah lama tidak melakukan hubungan seks, koneksi antara Anda berdua akan sangat canggung dan tidak natural. “Apabila Anda tidak melakukan quality time bersama, akan sulit merasa tertarik secara seksualitas kepada pasangan,” ungkap psikoterapis Christina Steinorth. Untuk mengatasinya, ciptakan obrolan santai sambil melakukan kegiatan, seperti memijat, makan malam, nonton film, berendam bersama, atau jalan-jalan ke tempat favorit Anda semasa pacaran dulu.

 

Masalah: Anda masih merasa tidak mood
Solusi: Cari penyebabnya

Kurangnya ketertarikan pada kegiatan seksual bersama pasangan bisa jadi karena ada masalah kesehatan, contohnya depresi, kecemasan, dan hormon yang tidak seimbang. Pada pria, sulitnya ereksi bisa menjadi gejala awal dari diabetes atau sakit jantung. Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan dan obat tekanan darah juga melemahkan keinginan seksual Anda.

 

Tidak hanya itu, rokok, alkohol, serta cara berolahraga yang salah juga bisa mengganggu hubungan seks bersama pasangan. Jadi, konsultasikan kepada tim medis jika segala cara sudah dilakukan, namun tidak membuahkan hasil. “Hubungan seks yang sehat membutuhkan fokus dari kedua pasangan. Tidak ada obat ajaib yang bisa menyembuhkannya kecuali Anda berdua,” tutup Renee. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: seks,   hubungan_intim,   relationship,   hubungan_suami_istri,   sex_and_relationship










Cover April 2020