Mother&Baby Indonesia
Tips Menjadi Orangtua yang Baik

Tips Menjadi Orangtua yang Baik

Ada banyak cara menciptakan hubungan yang baik dengan Si Kecil, seperti menciptakan waktu berkualitas, mengenalnya dengan baik, dan menerapkan pola asuh yang sesuai bagi Anda berdua. Dalam kacamata sains, ada beberapa tips berbasis penelitian tentang bagaimana menjadi orangtua yang baik, seperti berikut ini.

 

1. Si Kecil harus mengetahui bahwa Anda konsisten dengan perkataan Anda. Hal ini akan membangun kepercayaannya dan ia pun lebih menghargai Anda.

 

2. Anak-anak selalu ingin menyenangkan orangtuanya. Mereka terbuka dan menerima dengan baik feedback positif dari Anda. Orangtua terkadang hanya berfokus pada hal-hal yang seharusnya dikuasai Si Kecil. Sebaiknya, seimbangkan hal tersebut dengan mengatakan kepadanya hal-hal yang sudah ia kuasai dengan baik. Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun ingin dihargai.

 

3. Biarkan Si Kecil mendapatkan pengalaman akan konsekuensi dari tindakan dan pilihan mereka. Tentu saja, ini tidak berlaku jika berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan Si Kecil. Kemampuan ini merupakan hal penting untuk dipelajari dan berguna ketika dewasa nanti.

 

4. Hukuman hanya mampu menahan perilaku. Jadi ketika ia berbuat yang tidak pantas, pastikan Anda memberitahu perilaku apa saja yang Anda ingin lihat darinya. Jangan hanya menghukumnya, ajak ia berbicara dengan baik.

 

5. Membuat kesalahan dan menghadapi kegagalan, serta kekecewaan merupakan pengalaman hidup yang krusial. Hal itu dapat membuat Si Kecil belajar untuk pantang menyerah. Karenanya, biarkan sesekali mengalami hal tersebut. (VH/Aulia/DC/Dok. M&B)

 

Baca lebih lengkap tips menjadi orangtua yang baik di majalah M&B edisi November 2015!



Tags: tips,   orangtua,   tips_parenting,   info_parenting,   tips_menjadi_orangtua










Cover Mei-Juni-Juli 2020