Mother&Baby Indonesia
Tips Jalani Peran sebagai 'Single Parent'

Tips Jalani Peran sebagai 'Single Parent'

Apa pun penyebabnya, perpisahan atau kematian, menjadi orangtua tunggal memang tidak mudah. Namun dari segala kesulitan yang harus dilalui, ada satu hal yang tak boleh Anda lupakan, yaitu keberadaan Si Kecil. Siap atau tidak siap, Anda harus menjalani tugas sebagai orangtua tunggal. Berikut beberapa tips dari M&B agar sukses melakukannya.

 

1. Jaga kesehatan mental Anda. Ibu yang depresi dapat memengaruhi kesehatan mental Si Kecil nantinya. Jadi, jangan berlama-lama tenggelam dalam kesedihan dan jalani keputusan yang sudah Anda buat. Kelak Si Kecil akan bangga memiliki ibu seperti Anda.

 

2. Menjadi ibu adalah proses pembelajaran yang tidak pernah usai. Pengetahuan adalah modal untuk menjadi ibu terbaik dan pengalaman akan mengasah Anda. Perbanyak referensi mengenai pengasuhan anak. Tujukan semua pertanyaan Anda kepada ahlinya dan tutup telinga dari mitos yang menyesatkan.

 

3. Cari dukungan dengan bergabung dalam komunitas ibu atau blog komunitas orangtua tunggal lainnya. Berbagi pengalaman bisa membantu Anda menghadapi kesedihan.

 

4. Persiapkan stabilitas finansial Anda untuk Si Kecil dengan menabung dan menyiapkan asuransi jiwa, serta pendidikannya. Semakin awal mempersiapkan semua ini, semakin banyak dana yang Anda miliki saat Si Kecil membutuhkannya. Tetapkan prioritas anggaran Anda dan anak harus jadi nomor 1.

 

5. Atasi masalah hidup Anda. Menjalani hidup bagai air mengalir memang terkesan menyenangkan, tetapi lebih menyenangkan lagi jika Anda mampu mengatasi permasalahan hidup dan tidak membiarkannya berlarut-larut. Buatlah rencana untuk hidup Anda dan Si Kecil, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. (FR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: tips,   single_parent,   orangtua_tunggal,   pola_asuh,  








Cover Januari - Februari 2020