Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Balita yang Tidak Mau Sikat Gigi

Mengatasi Balita yang Tidak Mau Sikat Gigi

Berdasarkan laporan terbaru dari Aquafresh, sekitar 80 persen anak menjadi tantrum ketika diminta menyikat gigi. Sementara, 42 persen orangtua mengaku harus memaksa anak-anak mereka untuk menyikat gigi. Menurut Lorraine Thomas, Child Behavioural Expert, laporan ini sungguh menarik dan memang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lorraine menyebutkan menyikat gigi merupakan salah satu rutinitas keluarga yang harus dibangun sejak dini dan dapat menguatkan bonding yang postif antara orangtua dengan anaknya. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan orangtua untuk membuat sesi menyikat gigi menjadi menyenangkan, seperti menyiapkan sikat gigi dan pasta gigi khusus anak-anak, menyikat gigi bersama, atau menyanyikan lagu saat menyikat gigi. Dilansir melalui M&B UK, berikut tips agar Si Kecil tidak tantrum saat diminta menyikat gigi!



 

1. Buat rutinitas, misalnya setiap akhir pekan atau sebelum tidur, untuk menyikat gigi bersama-sama. Jika perlu, Anda bisa menyikat gigi Si Kecil dan ia menyikat gigi Anda, agar kegiatan ini semakin menyenangkan. Buat juga ekspresi lucu dan bermain dengan busa pasta gigi di sekitar mulut Anda, sambil menirukan suara singa. Ia pasti langsung melupakan rasa kesalnya dan tertawa melihat tingkah Anda.

 

2. Ajak sepupunya yang lebih tua untuk menginap dan minta mereka menyikat gigi bersama-sama saat bangun atau sebelum tidur. Balita pada umumnya akan meniru segala tingkah laku saudaranya yang lebih tua.

 



3. Bacakan cerita yang mengandung manfaat menyikat gigi di dalamnya.

 

4. Anda bisa menerapkan kebiasaan ‘jika’ dan ‘maka’ kepada Si Kecil. Sebagai contoh, saat Anda memintanya menyikat gigi, Anda dapat mengatakan, “Jika kamu menyikat gigi dengan benar, maka Mama akan bacakan cerita favorit kamu sebelum tidur.”

 

5. Daripada menghadiahi Si Kecil dengan camilan manis, Anda bisa memberinya stiker favorit jika ia tidak rewel saat diminta menyikat gigi. Setelah terkumpul 10 stiker, Anda bisa membelikannya buku cerita atau mengajaknya bermain di taman. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   sikat_gigi,   anak_tidak_mau_sikat_gigi










Cover April 2020