Mother&Baby Indonesia
Ramping Lagi setelah Melahirkan

Ramping Lagi setelah Melahirkan

Langkah 1

1a. Berbaringlah di matras. Angkat kepala Anda, tahan selama 5 detik. Ulang gerakan ini 5 kali.


Langkah 1

1b. Angkat kepala hingga tulang belikat Anda dari matras secara perlahan, tahan selama 5 detik. Letakkan kembali, lalu ulang sebanyak 5 kali.


Langkah 1

c. Dari posisi berbaring, bangun secara perlahan sambil meluruskan tangan kearah kaki. Tahan selama lima detik. Ulangi hingga 5 kali.


Langkah 2

2a. Duduklah bersila dengan tubuh tetap tegak. Tarik napas dan rasakan kontraksi perut sebanyak 5 hitungan.


Langkah 2

2b. Buang napas perlahan selama 5 detik sambil menarik otot perut ke dalam dan kerutkan otot bokong Anda.


Langkah 3

3a. Ambil posisi berdiri tegak, kedua tangan di pinggang, lalu tarik napas dalam 5 hitungan. Tahan selama 5 detik.


Langkah 3

3b. Buang napas lewat mulut dalam 5 hitungan. Tarik otot perut Anda kedalam.


Langkah 4

4a. Posisikan badan Anda bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut. Luruskan  punggung, tarik napas perlahan selama 5 detik.


Langkah 4

4b. Buang napas lewat mulut dalam 5 hitungan, sambil menarik otot perut ke dalam.


Relaksasi

Berbaringlah, kemudian lemaskan otot-otottubuh Anda hingga terasa rileks. Pejamkan mata dan atur napas hingga Anda merasa rileks. Lakukan selama 3-10 menit.


Banyak ibu yang rela berdiet dan berolahraga keras setelah melahirkan agar bisa kembali ramping. Sayangnya, selain kurang baik untuk kesehatan, aktivitas tersebut sering kali tak sejalan dengan kondisi tubuh Anda yang masih dalam tahap pemulihan dan sedang menyusui.

 

Sebenarnya, upaya perampingan perut boleh dilakukan asalkan caranya aman.  M&B merangkum beberapa latihan otot perut yang mudah, efektif, dan aman menurut dr. Amendi Nasution, Sp.KFR (K) dari Brawijaya Women and Children Hospital. Latihan ini lebih efektif bila dilakukan saat bangun tidur. Lakukan 2-3 bulan setelah persalinan normal atau 5 bulan setelah Caesar. (SE/Iqra/DC/Dok. M&B)







Tags: workout,   olahraga,   langsing,   pasca_melahirkan,   info_ibu








Cover Januari - Februari 2020