Mother&Baby Indonesia
Aturan Menyusui Bayi di Malam Hari

Aturan Menyusui Bayi di Malam Hari

Mendapatkan waktu tidur maksimal memang sangat tidak mungkin bagi para ibu yang baru memiliki bayi, karena Anda harus menyusuinya setiap beberapa jam sekali. Namun, ada baiknya Anda menerapkan beberapa aturan ketika menyusuinya di malam hari. Hal ini juga berguna untuk mengenalinya pada perbedaan waktu siang dan malam. Dilansir melalui M&B AU, berikut hal yang perlu Anda lakukan.

 



Biarkan Lampu Tetap Padam

Untuk menjelaskan kepada Si Kecil bahwa ia sedang menyusu di malam hari dan itu adalah waktunya istirahat, jangan hidupkan lampu ketika ia merengek minta disusui. Biarkan kamar tidur tetap gelap atau hidupkan lampu tidur yang redup jika Anda membutuhkan cahaya.

 

Hindari Berinteraksi dengan Si Kecil

Mengajak Si Kecil berbicara hanya akan membuatnya terbangun. Jika ia terlihat gelisah setelah menyusu, biarkan saja dan tunggu sampai ia tenang dengan sendirinya. Anda bisa mengusap-usap dahinya atau menyanyikan lagi Nina Bobo untuk membantunya tidur. Jangan menggendong Si Kecil kecuali ia menangis atau popoknya basah!


Baca juga: Ide Tempat Nyaman di Rumah untuk Menyusui

 

Jangan Menyusuinya Jika Tidak Lapar

Bila Si Kecil tidak merengek minta disusui, biarkan saja sampai ia terbangun sendiri. Biasanya, ia akan terbangun setiap 2-3 jam sekali. Supaya kebutuhan nutrisinya tetap terjaga dan berat badannya bertambah, batas maksimal ia tidak disusui di malam hari adalah sekitar 5-6 jam. Namun, bagi bayi yang memiliki masalah berat badan, ia perlu dibangunkan untuk disusui secara berkala. Konsultasikan kepada dokter untuk memastikan kondisi Si Kecil.

 

Sendawakan Si Kecil

Sama seperti yang Anda lakukan di siang hari, menyendawakan Si Kecil juga perlu di lakukan di malam hari setelah ia menyusu. Udara yang terperangkap di dalam perut akan membuatnya merasa tidak nyaman, serta menangis. Anda tentu tidak ingin itu terjadi pada pukul 2 pagi, bukan?

 

Selalu Dekatkan Si Kecil

Jika Si Kecil tidur di dalam ranjang bayi, usahakan posisinya berada di dekat tempat tidur supaya memudahkan Anda menyusuinya. World Health Organization (WHO) merekomendasikan bayi untuk tidur di kamar yang sama dengan orangtuanya pada 6 bulan pertama.




Baca juga: Tanya jawab Seputar ASI dan Menyusui

 

Persiapkan Kebutuhan Anda

Selama menyusui di malam hari, sebaiknya persiapkan kebutuhan Anda, seperti air, popok, camilan, atau hal-hal lainnya di dalam kamar tidur. Bila Si Kecil minum formula, percepat proses menyusunya dengan menyiapkan botol bersih, susu formula, dan air hangat di kamar.

 

Sembunyikan Jam

Apabila terdapat jam di kamar, Anda pasti tergoda untuk terus memerhatikannya selama menyusui Si Kecil. Jadi sembunyikan saja, karena melihat waktu terus-menerus tidak akan membantu Anda.

 

Minta Bantuan

Saat Anda merasa kewalahan, jangan segan untuk meminta bantuan suami. Anda bisa memintanya untuk memanaskan ASIP dan memberikannya kepada Si Kecil. Atau setelah menyusui, Anda dapat menugaskannya untuk menenangkan Si Kecil sampai tertidur. (Sagar/DC/Dok. M&B UK)


RELATED VIDEO: Ask the Expert, Mitos Menyusui




Tags: bayi,   anak,   ibu,   menyusui_bayi,   asi










Cover Mei-Juni-Juli 2020