Mother&Baby Indonesia
Berikan ASI atau Formula, Setiap Ibu Sama Hebatnya

Berikan ASI atau Formula, Setiap Ibu Sama Hebatnya

Pernahkah Anda berada di luar rumah bersama Si Bayi, lalu ia menangis dan Anda memberinya sebotol formula untuk menenangkannya? Lalu, ibu lain pun menatap Anda dengan pandangan tidak setuju dan bertanya, “Mengapa Anda tidak memberinya ASI?” 

 

Wajar jika Anda merasa bersalah, karena tidak bisa memberikan ASI eksklusif. Namun, yakinlah bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik untuk Si Bayi. ASI memang makanan terbaik, tetapi kasih sayang Anda juga hal terbaik yang bisa ia dapatkan dari Anda. Bayi yang diberi formula pun bisa tumbuh sehat dengan perawatan dan kasih sayang yang cukup. Jangan lantas menyalahkan diri sendiri, jika ternyata Anda tidak bisa memberikan ASI eksklusif, karena Anda pasti memiliki alasan yang cukup kuat dalam hal ini.



 

Penelitian di Amerika yang menunjukkan bahwa dari 42 persen jumlah ibu menyusui yang ada di negara itu, hanya 11 persen yang menyusui bayinya secara eksklusif, sisanya mengombinasikan ASI dengan formula. Banyak alasan yang sebenarnya dapat dimaklumi saat seorang ibu memberikan formula kepada bayinya, seperti kurangnya produksi ASI, adanya masalah pada permukaan payudara yang menyebabkan rasa sakit hebat saat menyusui, dan masalah-masalah lainnya. 



 

Jadi, tidak perlu berkecil hati jika Anda tidak bisa memberikan ASI eksklusif kepada Si Bayi, apalagi jika Anda sudah berusaha keras untuk melakukannya ya, Mom! Selama Anda tetap memberikan kasih sayang yang ia butuhkan, Anda sama hebatnya dengan ibu lain. Ingat! Menjadi ibu yang hebat bukan soal ASI eksklusif atau formula saja, tetapi bagaimana Anda merawat dan membesarkan anak dengan baik. (SDS/Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: ibu,   bayi,   anak,   menyusui,   asi,   susu_formula,   tidak_bisa_menyusui_bayi