Mother&Baby Indonesia
Berkenalan dengan Dokter Spesialis Layanan Primer

Berkenalan dengan Dokter Spesialis Layanan Primer

Selama ini, Anda pasti sudah mengenal keberadaan dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis mata, dan lainnya. Gelar spesialisasi di dunia kedokteran itu kini akan bertambah dengan adanya dokter spesialis layanan primer. Sebelum mengenal lebih jauh tentang spesialisasi ini, Anda perlu mengetahui apa itu layanan primer.

 

Pelayanan kesehatan sebenarnya ada 3 jenis, yaitu layanan primer (primary care) yang merupakan pelayanan kesehatan paling depan yang ditangani oleh dokter umum, seperti di Puskesmas dan Klinik Praktik Umum, layanan sekunder yaitu tempat perawatan lebih lanjut atau rujukan yang ditangani dokter spesialis, dan layanan tersier yang ditangani oleh sub spesialis.



 

Faktanya, ada puluhan juta masyarakat di berbagai wilayah Indonesia yang berobat ke Puskesmas atau Klinik Praktik Umum. Untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan pada layanan tersebut, diperlukan pendidikan lanjutan bagi dokter umum di bidang spesialiasi layanan primer. Dengan begitu, mutu dokter diyakini akan lebih baik, karena dibekali dengan berbagai ilmu seperti spesialisasi di bidang generalis, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu kedokteran keluarga.



 

Kabar baiknya, apabila ada dokter spesialisasi layanan primer yang tersedia di layanan kesehatan primer, kualitas kesehatan pasien pun diyakini akan menjadi lebih baik. Selain itu, pasien bisa menghemat biaya pengobatan karena tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: dokter_spesialis_layanan_primer,   info_kedokteran,   dunia_kedokteran,   ilmu_kedokteran








Related Article