Mother&Baby Indonesia
Bulletin Board, Mudahkan Komunikasi Guru dan Orangtua

Bulletin Board, Mudahkan Komunikasi Guru dan Orangtua

Moms, apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana buku tugas Si Kecil dari gurunya hilang atau tertinggal di sekolah, sehingga Anda tidak tahu tugas yang harus dibawa ke sekolah pada hari berikutnya? Faktanya, hampir semua orangtua memang pernah mengalaminya. Sebagai solusinya, diciptakan lah sebuah aplikasi yang dapat mempermudah komunikasi antara guru dan orangtua.

 


Aplikasi tersebut adalah Bulletin Board yang diciptakan oleh Norman Ganto, founder dan CEO Bulletin Board yang juga ayah dari 2 anak. Ia mengalami hal yang sama, sering kali buku tugas anaknya hilang, ketinggalan, atau ia tidak sempat memeriksanya karena sibuk bekerja. Tahun lalu, Norman merancang Bulletin Board, aplikasi mobile untuk meningkatkan komunikasi aktif antara guru dan orangtua. Guru pun tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam mengisi buku tugas setiap siswa. Dengan aplikasi ini, guru tinggal menulis pesan dan mengirimkannya kepada seluruh orangtua siswa.



 


Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Untuk guru, cukup mengunduhnya dengan smartphone atau tablet, kemudian isi data diri dan mengundang para orangtua dengan memasukkan alamat email masing-masing. Cara kerjanya hampir serupa dengan aplikasi messenger, namun Bulletin Board dirancang untuk one and one communication. Untuk menjaga privasi pengguna, aplikasi ini tidak memunculkan nomor kontak. Pesan akan ditulis guru di kotak pesan dan dikirim kepada 1 atau semua orangtua yang telah diundang. Penerima kemudian akan mendapatkan notifikasi dan pesan yang telah terbaca akan ditandai dengan centang biru, serta tulisan seen.



 


Aplikasi tersebut telah digunakan guru pre-school Sekolah Harapan Bangsa di Tangerang. Menurut para guru, hal tersebut sangat membantu dan akan diaplikasikan di beberapa kelas Sekolah Dasar di tahun depan. Aplikasi ini rencananya juga akan hadir di PC (laptop), sehingga tahun depan guru dan orangtua akan semakin mudah berkomunikasi. Sementara bagi Anda pengguna smartphone berbasis sistem IOS dan Android, Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. (Meiskhe/DC/Dok. FreeDigitalPhotos/Serge Bertasius)



Tags: aplikasi_buletin_board,   guru,   orangtua,   aplikasi,   teknologi_terkini,   info_parenting,   info_teknologi








Cover Januari - Februari 2020