Mother&Baby Indonesia
Komplikasi Diabetes Bisa Dicegah

Komplikasi Diabetes Bisa Dicegah

Apa yang berbahaya dari diabetes? Sejumlah pakar menyebutkan, hal paling berbahaya dari diabetes adalah komplikasi yang ditimbulkan. Perlu diketahui, diabetes hampir tidak pernah menampakkan gejala. Kalau pun ada, biasanya gejala tersebut tidak disadari. Oleh karena itu, seseorang biasanya baru terdignosa diabetes setelah mengalami komplikasi.

 

Menurut Dr. dr. Budiman, Sp.PD KEMD, spesialis Endokrin Metabolisme dan Diabetes RSCM, komplikasi diabetes ada 2 macam. Pertama, komplikasi mikrovaskuler yang mengenai pembuluh darah kecil dan dapat menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, kesemutan, serta nyeri. Ke-2, komplikasi makrovaskular, yang apabila mengenai pembuluh darah besar dapat menyebabkan stroke, serangan jantung, dan Peripheral Neuropathy, yaitu kondisi kerusakan saraf bagian kaki, lengan, dan jari. Apabila terjadi komplikasi, pasien harus mendapatkan perawatan intensif dan biayanya tidak murah. Pasien harus melakukan cuci darah sebanyak 2-3 kali seminggu.



 



Doktor Budiman pun menganjurkan agar diabetes dicegah sejak dini, agar tidak berujung pada komplikasi. Hal utama yang harus dilakukan adalah mengubah lifestyle dengan menjaga berat badan normal, memperbanyak aktivitas fisik, tidak merokok, serta menghindari stres dan depresi. Apabila hal tersebut dilakukan, orang yang terkena diabetes pun akan tetap sehat. (Meiskhe/DC/Dok. FreeDigitalPhotos/Photostock)

 



Tags: komplikasi_diabetes,   gaya_hidup,   rokok,   stroke,   serangan_jantung