Mother&Baby Indonesia
Tanda Anak Siap Toilet Training di Malam Hari

Tanda Anak Siap Toilet Training di Malam Hari

Sekitar usia 2-4 tahun, keinginan Si Kecil untuk mandiri semakin tinggi. Ia juga sudah dapat mengendalikan kandung kemih dan usus besarnya di waktu malam.

 

Ada baiknya Anda mengajarkan ia untuk berani pergi ke toilet dan melepaskan popoknya di malam hari. Dilansir dari buku Baby and Child: All Your Questions Answered, ada beberapa tanda Si Kecil mulai siap toilet training di malam hari.



 

  • Popoknya kering saat bangun malam. Di usia 2-4 tahun, kemampuan kandung kemih Si Kecil mulai meningkat, sehingga ia bisa tidur semalaman tanpa harus buang air kecil di tengah malam.

 



  • Mulai minta diantar ke kamar mandi. Ia sudah mulai membangunkan Anda di malam hari dan minta diantarkan ke kamar mandi untuk buang air besar atau kecil.

 

  • Merobek popok saat malam. Balita yang terbiasa dengan popok kering akan merasa tidak nyaman saat popoknya penuh, lembap, dan basah. Ia pun akan mencoba melepas popok tersebut saat tidur.

 

  • Popoknya bocor di pagi hari. Saat kemampuan kandung kemihnya membaik, Si kecil akan buang air kecil dalam jumlah yang lebih besar dalam 1 kesempatan.

 

  • Lebih senang tidak pakai popok. Salah satu tanda Si Kecil siap toilet training malam hari adalah ia lebih memilih memakai celana dalam biasa dibanding popok. Ia juga mulai minta tidak dipakaikan popok di malam hari. (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B)



Tags: toilet_training,   anak,   toddler,   tips,   tips_anak,   balita,   balita_mandiri,   info_balita,   milestone_bali










Cover April 2020