Mother&Baby Indonesia
Milestone Balita yang Jadi Favorit Orangtua

Milestone Balita yang Jadi Favorit Orangtua

Sejak dilahirkan, bayi telah menunjukkan banyak kemampuan yang membuat Anda terkagum-kagum. Bersiaplah untuk merasakan kekaguman lainnya, karena saat memasuki tahapan balita, kemampuannya akan semakin luar biasa. Selain berjalan, kemampuan apalagi sih yang paling Anda tunggu dari Si Kecil? Berikut milestone terfavorit Moms dan Dads hasil survei M&B!

 

Memeluk dan Mencium
Usia 19-24 bulan adalah usia di mana Si Kecil akan membuat Anda bahagia. Saat ini, ia sudah mulai bisa menunjukkan kasih sayang dengan memeluk dan mencium orang-orang yang disukainya. Tetapi, Anda juga harus bersiap karena ia mulai memasuki masa 'terrible twos', yang membuatnya sering tantrum tanpa sebab. Jadi, ada saatnya Si Kecil akan menunjukkan kasih sayangnya kepada Anda, lalu tiba-tiba menjadi pemarah.



 

Berbicara
Si Kecil sebenarnya sudah bisa berkomunikasi dengan Anda sejak ia dilahirkan. Tetapi, ia baru bisa mengucapkan kata sederhana, seperti 'papa' atau 'mama', mulai usia 11 bulan. Di usia 18-24 bulan, ia mulai bisa membuat kalimat yang terdiri dari 2-4 kata. Mengingat perkembangan mental, emosional, dan tingkah lakunya terus meningkat, Si Kecil pun semakin bisa mendeskripsikan apa yang ia lihat, dengar, rasakan, dan inginkan.

 



Meniru
Si Kecil mulai menunjukkan kemampuan menirunya di usia 8-12 bulan. Dimulai dengan meniru gaya Anda saat menulis dan melakukan kegiatan lainnya. Ia pun mulai belajar menirukan kata-kata yang Anda ucapkan meskipun pengucapannya belum terlalu jelas. Memasuki usia 18-24 bulan, ia akan meniru ucapan, mimik, dan gaya bicara Anda. Jangan heran, kalau ia akan lebih sering menggunakan ponsel mainannya. Ia pun senang sekali menirukan Anda saat melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti menyapu. (Dina/Sagar/DC/Dok. M&B UK)

 

Untuk melihat milestone terfavorit lainnya, yuk lihat di majalah Mother&Baby edisi November 2015!



Tags: balita,   anak,   milestone_balita,   info_balita,   tips_balita