Mother&Baby Indonesia
Anak Sulung Pasti Lebih Pintar?

Anak Sulung Pasti Lebih Pintar?

Kalau anak bungsu biasanya mendapatkan lebih banyak kebebasan, tetapi dalam segi kepintaran, anak sulung lebih unggul! Ya, studi terbaru menyebutkan anak pertama dalam keluarga umumnya lebih pintar dan sukses jika dibandingkan dengan adik-adiknya. Dan, anak bungsu cenderung merasa kurang pintar dibandingkan dengan kakak-kakaknya.

 



Tim dari Leipzig University menganalisis hasil dari 3 studi, termasuk studi dari Inggris yang melibatkan total 20.000 orang. Keluarga yang mengikuti penelitian memiliki 4 anak. Analisis data menunjukkan semakin banyak jumlah saudara, semakin menurun pula IQ dan kecerdasan adik-adik dari Si Sulung, sekitar 1,5 poin pada masing-masing orang.



 

Para ahli dari Jerman sebenarnya masih sedikit sangsi, apakah benar saudara tertua dikaruniai otak yang lebih cerdas. Namun, kemungkinan ini bisa terjadi karena perhatian orangtua dalam merawat anak pertama tidak terbagi-bagi. Mereka sangat fokus pada Si Sulung, sehingga perkembangannya lebih optimal. Selain itu, ada kemungkinan anak-anak paling tua lebih pintar karena selalu diminta untuk mengajarkan saudara-saudaranya saat belajar.

 

“Mengajari adik membuat Sang Kakak harus mengingat kembali ilmu yang ia miliki, menyusunnya, dan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti. Hal ini pun akan meningkatkan kecerdasan anak sulung,” ujar Julia Rohrer, salah satu tim peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: anak_sulung,   iq,   kepintaran_anak,   info_balita,   anak_pertama