Mother&Baby Indonesia
Trik Menstimulasi Kemandirian Anak

Trik Menstimulasi Kemandirian Anak

Seiring pertambahan usianya, Si Kecil akan belajar mandiri. Anda dapat membantu proses pembelajaran ini dengan memberikan stimulasi yang tepat. Apa saja?

 

1-6 Bulan



Pada 6 bulan pertama kehidupannya, Si Kecil akan bergantung sepenuhnya kepada Anda. Ia juga hanya peduli pada pemenuhan kebutuhan utamanya, yakni makanan, kasih sayang, dan perhatian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Si Kecil harus melalui proses bertahap untuk mengenali dirinya sendiri.

 

Cara pertama yang menunjukkan bahwa ia sudah dapat membedakan dirinya dengan orang lain adalah ketika ia menangis untuk menarik perhatian Anda. Pada usia 4-5 bulan, Si Kecil pun mulai sadar bahwa ia adalah individu yang berbeda dengan Anda. Ia mulai ingin berkomunikasi dengan Anda dan memberi respons saat Anda mengajaknya bicara. Karenanya, ajak ia berkomunikasi sesering mungkin, meski sepertinya ia tidak mengerti apa yang Anda bicarakan.

 

7-12 Bulan

Memasuki usia 7 bulan, Si Kecil akan semakin cerdas dan sudah sangat mengerti bahwa dirinya adalah individu yang terpisah dari Anda. Karena itu, ia akan merasa tertekan dan menangis saat Anda meninggalkannya. Masalah kecemasan saat ditinggal adalah hal wajar yang dialami bayi di usia ini.

 

Jika Anda akan meninggalkan Si Kecil, baik di tangan pengasuh atau orangtua, ucapkan selamat tinggal dan pergilah dengan sepengetahuannya. Apabila Anda pergi diam-diam, ia akan semakin cemas dan takut Anda tidak kembali. Seiring pertumbuhannya, ia pun akan lebih ramah dan percaya diri, serta tidak lagi menangis saat Anda tinggalkan. 

 



1-2 Tahun

 

Dengan kepercayaan diri yang semakin besar, Si Kecil akan mulai membentuk identitasnya. Ia akan merasa nyaman untuk mengekspresikan apa yang ia suka atau tidak. Opininya juga akan semakin berkembang, seperti bersikeras memainkan 1 mainan atau memakai 1 pakaian tertentu. Rasa percaya diri itu juga menjadi tanda bahwa ia mulai mandiri.

 

2-3 Tahun

 

Di usia ini, Si Kecil mulai berani mengeksplorasi dunia lebih luas lagi. Ia merasa senang jika Anda tinggal dan mulai menguji batasan yang Anda berikan dengan melakukan hal yang dilarang. Pada masa ini, Si Kecil juga akan bersikeras pada pendapatnya dan seolah mengucapkan, "Aku bisa sendiri, kok!"

 

Untuk itu, tumbuhkan perasaan aman kepadanya, agar ia berani mencoba pengalaman baru, seperti berkenalan dengan orang yang baru ditemuinya. Pastikan lingkungan Anda juga aman baginya dan jauhkan benda-benda berbahaya dari jangkauan Si Kecil agar Anda tak perlu berkata, 'tidak boleh' saat ia mulai mengeksplorasi lingkungannya. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B)



Tags: milestone,   tahapan,   tahapan_tumbuh_kembang,   tumbuh_kembang,   kemandirian,   melatih_kemandirian_anak,   k








Related Article