Mother&Baby Indonesia
Waspadalah Jika Bayi Tidak Bergumam!

Waspadalah Jika Bayi Tidak Bergumam!

Kebanyakan bayi di awal kehidupannya gemar memandangi orang-orang di sekitarnya dan tersenyum. Sementara, gumaman pertamanya baru akan terdengar ketika ia menginjak usia 2-4 bulan dan semakin terdengar jelas seperti sebuah kata, diikuti dengan teriakan menggemaskan, ketika usianya mencapai 6 bulan.

 

Dilansir melalui Babycenter, apabila Si Kecil belum menggumamkan kata-kata sampai ia berusia 10 bulan, Anda patut waspada dan mengecek pendengarannya ke dokter. Jika pada usia 1 tahun, ia tidak melakukan kontak mata, tersenyum, atau menunjukkan tanda-tanda merespons interaksi dengan orang-orang di sekitarnya, bisa jadi ia mengalami autisme, meskipun masih terlalu dini untuk mendiagnosis hal tersebut.



 



Yang terpenting, percayalah pada insting Anda. Jika Anda merasa khawatir ada yang tidak beres pada perkembangan bahasa atau pendengaran Si Kecil, misalnya ia jarang sekali bergumam, konsultasikan kepada dokter anak. Biasanya, bila masalah Si Kecil cukup serius, mereka akan memberikan rujukan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut ke ahli patologi wicara-bahasa anak. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   bayi_bergumam,   anak_autis,   autisme,   bayi_tidak_bicara,   gangguan_pendengaran,   info_bayi,   info_b








Related Article