Mother&Baby Indonesia
Musik Berdampak Positif Bagi Bayi 0-12 Bulan

Musik Berdampak Positif Bagi Bayi 0-12 Bulan

Berbeda dengan saat masih di dalam perut, musik memiliki efek langsung terhadap bayi. Bukti terkuatnya, bayi usia 0-6 bulan yang marah bisa perlahan tenang bila mendengar lagu Nina Bobo. Karenanya, jika Anda merasa belum berpengalaman mengasuh bayi, bekali diri dengan beberapa lagu-lagu pengantar tidur, karena sudah terbukti ampuh untuk menenangkannya.

 

Musik juga sudah terbukti mampu memperbaiki kondisi bayi yang lahir prematur. Bayi prematur yang dipasangkan lagu pengantar tidur, berat badannya perlahan bisa naik dan detak jantungnya meningkat. Musik juga merupakan mediator yang baik dalam meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi.



 

Musik dapat membangkitkan suasana hati yang baik dan membuat Anda ingin berdansa. Cobalah pasang musik dengan nada ceria dan berdansa berdua dengan Si Kecil. Wajahnya mungkin belum memberikan respons yang signifikan, namun percayalah, ia juga menikmatinya.

 



Bila Anda percaya musik dapat memberikan banyak pengaruh positif pada Si Kecil, pada usia 6 bulan hingga 1 tahun jadikan musik sebagai bagian penting dalam hidupnya dengan cara:

  • Miliki iPod, pemutar CD, atau alat pemutar musik lainnya sebagai pusat aktivitas di rumah Anda. Ketimbang menjadikan TV sebagai pusat kehidupan di rumah, lebih baik pasang musik yang mampu membuat Si Kecil bergerak, menstimulasi gerakan motoriknya.

 

  • Untuk melatih Si Kecil tidur teratur, buatlah rutinitas yang menunjukkan bahwa saat itu merupakan akhir dari aktivitas. Musik bisa menjadi alat yang tepat. Pasang lagu pengantar tidur dalam tempo lembut dan volume pelan, serta pasang lampu kecil agar cahayanya sedikit redup. Namun jangan meninggalkan Si Kecil dengan musik menyala. Ia mungkin akan terlelap, namun ketika musik berhenti, mungkin saja ia akan bangun. Sebaliknya, pasang musik dengan lembut dan matikan ketika Si Kecil sudah terlihat akan terlelap.

 

  • Bagi Si Kecil, tidak masalah suara Anda bagai penyanyi opera atau hanya mengeluarkan suara-suara sumbang. Baginya, usaha Anda merupakan wujud perhatian dan kasih sayang yang ia harapkan. Oleh karena itu, jangan batasi 'waktu bernyanyi' Anda hanya pada saat waktu tidur saja. Misalnya, nyanyikan lagi Cicak di Dinding sambil pura-pura menangkap cicak yang sebenarnya.

 

  • Biarkan Si Kecil bereksperimen menciptakan bunyi-bunyian. Meski yang ia dapatkan hanya kesenangan dengan membuat bunyi-bunyian, hal tersebut sudah memberikan pengaruh positif untuknya. Jadi, biarkan saja ia bersenang-senang. (NK/Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   anak,   milestones,   musik_untuk_bayi








Related Article