Mother&Baby Indonesia
Perlukah Anak Melakukan General Check Up?

Perlukah Anak Melakukan General Check Up?

General check-up untuk Si Kecil, perlukah? Tentu saja. Dengan melakukan general check-up, Anda dapat lebih mengetahui bagaimana kesehatan Si Kecil. Berikut general check-up yang harus Anda lakukan untuknya.

 

Pemeriksaan Gigi



Saat gigi pertama Si Kecil tumbuh, kira-kira di usia 6 bulan, Anda harus memeriksakannya ke dokter gigi. Kemudian pada usia 9 bulan, pemeriksaan tersebut harus dilakukan lagi. Lakukan pengecekan gigi secara rutin sampai anak berusia 2 tahun, saat giginya sudah tumbuh dengan lengkap. Dan, lanjutkan setiap 6 bulan sekali.

 



Pemeriksaan Telinga
Pemeriksaan ini juga penting, sebab jika gangguan pada pendengaran terlambat diketahui dapat menyebabkan keterlambatan berbicara dan berbahasa pada Si Kecil. Pemeriksaan ini menjadi wajib dilakukan apabila ia lahir prematur, lahir dengan berat badan rendah, atau mengalami kadar bilirubin tinggi.

 

Pemeriksaan Mata
Saat Si Kecil memasuki usia 2,5-5 tahun, Anda disarankan melakukan pemeriksaan rutin pada mata. Ini untuk mengetahui apakah ia mengalami gangguan penglihatan dan apakah masalahnya perlu dibantu dengan penggunaan kacamata. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: general_check_up,   kesehatan,   pemeriksaan,   bayi








Related Article