Mother&Baby Indonesia
Pijat Laktasi untuk Bayi yang Sulit Menyusu

Pijat Laktasi untuk Bayi yang Sulit Menyusu

Saat bayi tiba-tiba hanya menyusu sedikit, Anda pasti kelimpungan. Jangan langsung panik dan merasa kesalahan ada pada diri Anda ya, Moms! Si Bayi bisa jadi tidak mau menyusu, karena merasa ada yang tidak nyaman dengan dirinya.

 

Wulan dari Mom n Jo memberikan kiat untuk melakukan pijat laktasi dengan metode pijat 'I Love U', jika bayi tiba-tiba tidak mau menyusu dan rewel. Selain bisa mengatasi sulit menyusu, pijat ini juga bisa dilakukan bila ia mengalami sembelit atau sulit makan saat sudah disapih.



 

Sebelum melakukan pijat, Wulan menyarankan agar Anda meminta izin kepada Si Bayi terlebih dahulu. "Terkadang, kita suka lupa kalau yang dipijat adalah bayi kita. Itu adalah tubuhnya, jadi kita harus tetap meminta izin secara lembut kepadanya,” ujar Wulan dalam talk show pijat laktasi bersama Sleek Baby di Mother&Baby Fair Jakarta hari ke-2 (16/10).

 



Anda bisa memijat Si Bayi saat ia dalam kondisi kenyang dan tidak mengantuk.  Perhatikan cahaya dan suhu ruangan, serta yang tidak kalah penting, lakukan kontak mata dengannya. Jika ia kelihatan gelisah dan tidak suka, cobalah untuk memijatnya di lain waktu. Apabila suhu tubuh Si Bayi di atas 37,5°C, sebaiknya Anda juga tidak memijat tubuhnya.

 

Lakukan pijat dengan mengusap perut Si Kecil setelah sebelumnya mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih secukupnya. Pijat perlahan menggunakan jemari Anda hingga membentuk huruf I, lakukan dari perut bagian kiri, dengan gerakan dari atas ke bawah. Kemudian, bentuk huruf L dengan memijat perutnya dari bagian kanan atas ke kiri atas, lalu ke kiri bawah. Terakhir, bentuk huruf U terbalik dari perut bagian kanan bawah ke arah atas, lalu ke kiri atas, dan ke bawah. (Sagar/DC/Dok. M&B)



Tags: bayi,   balita,   pijat_laktasi,   pijat_ilu








Cover Maret 2020