Mother&Baby Indonesia
Yuk, Ajak Bayi Berenang!

Yuk, Ajak Bayi Berenang!

Kapan ya waktu yang tepat untuk mengajak bayi berenang? Menurut Alison Duff, director fasilitas renang Calmbaby di Cambridgeshire, Inggris, bayi dapat diajak berenang pada usia berapa pun. Namun kolam renang umum biasanya cukup penuh, sehingga ada baiknya Anda mempersiapkan Si Kecil berenang di rumah terlebih dahulu. Dilansir melalui M&B UK, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Isi air dalam bath up atau kolam plastik dengan suhu 32º C-33º C. Pastikan suhu ruangan mencapai 24º C, agar Si Kecil tidak kedinginan. Masuklah lebih dulu ke dalam air, lalu minta orang lain menaruh Si Kecil dalam gendongan Anda. Peluk Si Kecil di atas dada dan nikmati kontak skin-on-skin untuk beberapa saat.

 



2. Usap tubuh Si Kecil secara perlahan, kemudian letakkan kedua tangan Si Kecil di atas dadanya. Jika ia terlihat nyaman, secara bertahap biarkan ia mengapung secara bebas di dekat tubuh Anda. Taruh tangan Anda di kepala dan bokong Si Kecil. Tidak perlu khawatir jika telinganya sedikit terendam, yang penting jangan sampai wajahnya berada di bawah air. Bernapaslah secara teratur dan relaksasikan tangan, serta bahu Anda.

 

3. Anda harus memerhatikan respons Si Kecil dan percaya pada insting Anda. Sesuaikan posisi tubuhnya atau dekap ia secara lembut jika dibutuhkan. Waktu 10 menit sudah cukup untuk Si Kecil berkenalan dengan air.



 

4. Beberapa respons yang akan Anda terima dari Si Kecil selama berenang adalah kontak mata yang intens, menendang-nendang, menggeliat, tersenyum, menangis, bahkan terdiam kaku. Apapun respons darinya, jangan sampai Anda panik ya, Moms! Jika Si Kecil menangis, keluarlah dari air dengan tenang, lalu balut tubuhnya menggunakan handuk tebal. Jangan patah semangat dan coba kembali lain waktu. Setelah sesi latihan beberapa minggu di rumah, Anda pun bisa mengajak Si Kecil les renang.

 

5. Jika Anda sudah percaya diri mengajak Si Kecil mengunjungi kolam renang umum, pilih kolam renang dengan suhu air 32º C dan hindari waktu yang terlalu ramai. Apabila ia terlihat gelisah selama berenang, dekatkan tubuh Anda dan usap tubuhnya dengan ritme yang teratur. Pastikan telinganya berada di bawah air ketika ia mengapung supaya suara di kolam renang sedikit teredam. Kalau bayi Anda lahir prematur, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengajaknya ke kolam renang umum. (Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   newborn,   bayi_berenang