Mother&Baby Indonesia
Keputihan pada Bayi

Keputihan pada Bayi

Moms, pernahkan Anda menemukan cairan seperti keputihan pada popok bayi perempuan Anda? Apabila pernah, jangan khawatir ya Moms. Menurut dr. M. Vinci Ghazali, Sp.A, Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta, semua perempuan di segala usia dapat mengalami keputihan.

 

 



Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina selain darah. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis (normal) dan keputihan patologis (abnormal). Keputihan fisiologis memiliki ciri cairan vaginanya bening, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal atau keluhan lain. Sementara keputihan patologis terjadi jika cairan vagina berbau dan berwarna putih kemerahan karena mengandung darah atau kehijauan akibat infeksi bakteri, fungi, atau parasit lainnya.

 

 

Dr. M. Vinci mengungkapkan penyebab keputihan pada bayi dan anak biasanya karena cara membersihkan alat kelamin yang salah. Arah membersihkan alat kelamin pada bayi perempuan yang benar adalah dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) agar kotoran tidak masuk ke dalam vagina. Kebersihan alat untuk pembersihnya juga harus diperhatikan.



 

 

Hindari membersihkan alat kelamin Si Kecil dengan tisu, karena serpihannya mudah tertinggal. Selain itu hindari pula membiarkan  popoknya dalam keadaan basah atau lembap terlalu lama. Jika faktor penyebab tadi sudah dihindari dan Si Kecil masih mengalami keputihan, maka segeralah membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Meiskhe/DC/dok.MB



Tags: keputihan_bayi_perempuan










Cover Mei-Juni-Juli 2020