Mother&Baby Indonesia
Terlalu Banyak Duduk Menghambat Persalinan?

Terlalu Banyak Duduk Menghambat Persalinan?

Sekitar 15 persen kehamilan ternyata memiliki posisi posterior, di mana posisi kepala janin berada di bawah, tetapi bagian belakang kepalanya melawan tulang belakang. Artinya, posisi kepala bayi menghadap ke atas, padahal seharusnya menghadap ke bawah. Menurut penelitian, kondisi tersebut terjadi karena gaya hidup kita yang lebih sering duduk.

 

Saat duduk dalam waktu yang lama, biasanya posisi lutut sejajar dengan pinggul atau sedikit lebih tinggi. Posisi ini akan membuat pelvis Anda ke belakang dan membuat tulang belakang janin menempel dengan tulang belakang Anda. Jadilah ia berposisi posterior dan ini akan memperlambat persalinan.



 

Untuk mencegah atau mengatasi posisi posterior ini, Anda harus melakukan perubahan postur tubuh dan gaya hidup agar posisi janin lebih optimal saat persalinan tiba. Pada bulan-bulan terakhir kehamilan, Anda perlu duduk tegak dan sedikit condong ke depan, sehingga perlvis ikut condong ke depan untuk memberi ruang bagi janin berputar arah. Ikuti beberapa langkah berikut untuk memperbaiki posisi janin.

 

1. Ingatlah untuk selalu mempertahankan postur tubuh Anda saat makan, nonton TV, atau bekerja. Di ruang makan, duduklah dengan tambahan bantal pada punggung bagian bawah untuk menaikkan posisi pinggul di atas lutut.

 

2. Jika hendak santai menonton TV, jangan duduk di sofa yang 'menelan' tubuh Anda. Tetap duduk di kursi tetapi sandarkanlah punggung atas dan tangan Anda di sandaran kursi dan selonjorkan kaki ke bawah, sehingga lutut Anda jauh dari perut.

 



3. Di kantor, Anda perlu sering bergerak dari posisi duduk dan meregangkan tubuh ke posisi yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya.

 

4. Saat naik-turun tangga, lakukan dengan posisi miring, yakni menghadap ke pegangan tangga dan naik satu per satu anak tangga.

 

5. Di akhir minggu, Anda bisa yoga atau berenang gaya bebas atau merangkak dengan tangan dan lutut. Semua ini dapat membantu posisi optimal janin. Inilah mengapa, ibu-ibu zaman dulu tetap rajin mengepel lantai sampai sebelum melahirkan.

 

6. Salah satu cara yang mudah untuk Anda lakukan di rumah adalah dengan duduk di gym ball. Posisi duduk ini membuat pinggul Anda lebih tinggi dari lutut dan ayunan pantulan bola membuat janin pelan-pelan terbawa untuk putar balik. Posisi paling optimal adalah jika kepala janin menghadap ke bawah dan tubuhnya cenderung ke kiri perut Anda. (FR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: persalinan,   posisi_janin,   persalinan_terhambat,   posisi_posterior,  








Cover Maret 2020