Mother&Baby Indonesia
Posisi Janin Tentukan Proses Persalinan?

Posisi Janin Tentukan Proses Persalinan?

Jika Anda pikir mengejan sekuat tenaga adalah satu-satunya tugas Anda saat bersalin, Anda harus baca artikel ini! Karena posisi janin menentukan apakah Anda bisa bersalin normal atau tidak. Kalaupun bisa, akan cepat atau tidak, dan seterusnya.

 



Posisi ideal agar janin bisa lahir lancar disebut occipital anterior, yakni kepala menghadap ke bawah dengan wajahnya menghadap ke tulang belakang Anda dan tulang belakangnya menghadap ke perut Anda. Tetapi, beberapa janin memiliki posisi sebaliknya, yang disebut occipital posterior.



 

Tetapi, yang menjadi masalah saat bersalin normal dengan posisi janin occipital posterior adalah posisi kepalanya yang menengadah, sehingga dagunya terangkat dari dadanya. Jika dagunya terangkat, bagian besar dari kepalanya akan berusaha keluar lebih dulu melalui jalan lahir dan ini memperlambat persalinan.

 

Terkadang, bayi lahir normal diawali dengan posisi terbalik seperti itu. Tetapi, persalinan itu akan panjang dan sakit dan jika ia tidak mau berbalik saat menuju bibir vagina, persalinan normal akan dihentikan dan Anda harus Caesar. Kesimpulannya, untuk bisa lahir normal dan lancar, Si Kecil harus dalam posisi anterior. (FR/Aulia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: posisi_janin,   ibu_hamil,   persalinan,   ibu,   proses_persalinan,