Mother&Baby Indonesia
Mengapa Bayi Kuning Pasca Dilahirkan?

Mengapa Bayi Kuning Pasca Dilahirkan?

Apakah setelah lahir, warna kulit bayi Anda kekuningan? Jika ya, Anda perlu memastikan keadaannya. Kulit bayi baru lahir yang bewarna kekuningan menunjukkan adanya kemungkinan mengalami jaundice. Keadaan ini sebenarnya biasa terjadi, namun bayi tetap perlu dimonitor dan diperiksa dokter setiap hari.

 



Jaundice disebabkan oleh tingginya kadar bahan kimia alami (bilirubin) yang ada dalam darah. Bilirubin inilah yang menyebabkan warna kulit menjadi kekuningan. Pada bayi ras Afro-Caribbean, Asia, dan Cina, warna kekuningan biasanya hanya terlihat pada bagian putih bola mata, telapak tangan, dan kaki.

 

“Hati (liver) bayi baru lahir butuh beberapa waktu untuk dapat berfungsi menguraikan bilirubin. Ini adalah proses alami dan pada kebanyakan kasus, tubuh dengan sendirinya dapat mengatasi ini. Tetapi bila kondisi kuning cukup parah atau terus berlanjut sampai lebih dari 2 minggu, perlu dilakukan perawatan atau tes tertentu,” jelas bidan Helen O’Dell. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi kuning.



 

1. Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh bayi menguraikan bilirubin. Karenanya jemur ia setiap pagi (di bawah jam 10), namun jangan sampai terkena matahari langsung karena bisa membuatnya kepanasan dan kulitnya pun terbakar.

 

2. Apabila warna kuning pada kulit cukup parah, kemungkinan bayi perlu diberi perawatan phototherapy. Ia akan diletakkan di bawah sinar terang fluorescent selama beberapa waktu tertentu, sampai kuningnya mereda.

 

3. Jika bayi sudah kembali berada di rumah bersama Anda, susui ia sesering mungkin sesuai kebutuhannya. Ini akan membuatnya sering buang air kecil, sehingga zat kimia berlebih dalam tubuhnya pun ikut terbuang dan sistem tubuhnya kembali bersih. (Deonisia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi_kuning,   bayi_baru_lahir,   jaundice,   health,   baby_basic,   tips_bayi