Mother&Baby Indonesia
Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan

Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan

Sebagian ibu mengaku tidak menyadari bahwa dirinya hamil, karena banyak di antara mereka yang menjadikan gejala mual dan muntah sebagai patokan. Padahal, bukan hanya gejala morning sick dan terlambatnya periode menstruasi yang menjadi tanda awal kehamilan, tetapi ada beberapa gejala lainnya. Berikut beberapa gejala yang menunjukkan awal kehamilan, seperti dilansir dari M&B UK.

 

Kelelahan



Kelelahan ternyata merupakan salah satu 'sinyal' yang menunjukkan bahwa ada janin yang mulai berkembang di dalam tubuh Anda. Gejala ini menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang mempersiapkan 'tempat yang layak' bagi janin. Kelelahan juga akan membuat Anda lebih emosional dari biasanya.

 

Sensitif Terhadap Bau

Rata-rata ibu hamil akan lebih sensitif terhadap bau, hingga membuatnya mual. Hal ini dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang sedang berkembang. Cara untuk mengatasinya adalah menghindari sumber bau tersebut. Namun, jika kasus ini mulai terasa tidak wajar, segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter kandungan.

 



Lebih Sering ke Toilet
Xavier Pombar, DO, dokter kandungan di Rush University Medical Center, Chicago, mengatakan, pada awal kehamilan, rahim akan tumbuh dan mendorong kandung kemih. Hal ini membuat dorongan untuk buang air kecil lebih sering terjadi. Tidak ada cara untuk menghindari hal ini. Namun, pergi ke kamar mandi sebelum tidur diharapkan dapat mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari.

 

Perubahan pada Payudara
Saat awal kehamilan, Anda akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh Anda, termasuk bentuk payudara. Payudara Anda akan terasa lebih lembut dan berat. Selain itu, warna puting Anda juga terlihat lebih gelap.

 

Gusi Berdarah
Hormon-hormon kehamilan dapat membuat gusi lebih sensitif. Jadi, jangan heran jika Anda mendapati gusi berdarah saat sikat gigi. (Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: gejala_kehamilan,   ibu_hamil,   tanda_awal_kehamilan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020