Mother&Baby Indonesia
Perhatikan Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Perhatikan Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Pertambahan berat badan adalah satu hal yang tidak dapat dihindari saat hamil. Namun, Anda perlu mengetahui jumlah penambahan berat badan ideal untuk Anda. Saat hamil, banyak hal yang akan memengaruhi perubahan berat badan. Saat mengalami mual dan muntah atau ngidam di awal kehamilan, berat badan Anda mungkin mengalami penurunan. Setelah kondisi tubuh stabil, biasanya berat badan pun meningkat. Untuk itu, Anda perlu memantau laju pertambahan berat Anda selama 9 bulan masa kehamilan.

 

Ibu yang mengalami kenaikan berat badan berlebih saat hamil berisiko besar mengalami keguguran, diabetes gestasional, komplikasi persalinan, dan infeksi saat proses penyembuhan pasca operasi Caesar. Kenaikan berat badan berlebihan juga dapat berdampak negatif di kemudian hari, bahkan jauh setelah masa bersalin.



 



Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa berat badan berlebih saat hamil meningkatkan risiko hingga 4 kali lebih besar bagi ibu untuk mengalami obesitas di tahun-tahun berikutnya. Untuk itu, sebuah institusi persatuan ahli obsterik dan ginekologi di London menyatakan bahwa bumil sebaiknya tidak mengalami kenaikan berat badan sebanyak lebih dari 10-12 kg. (VH/Aulia/DC/Dok. M&B UK)



Tags: ibu_hamil,   berat_badan,   nutrisi,  








Cover Januari - Februari 2020