Mother&Baby Indonesia
Tips Aman Gunakan Bahan Kimia di Rumah

Tips Aman Gunakan Bahan Kimia di Rumah

Cairan kimia yang terdapat dalam pembersih lantai, pembersih kamar mandi, dan lainnya, dapat memberi dampak buruk bagi kehamilan Anda. Karenanya, Anda harus menggunakannya secara bijak. Ikuti tips berikut agar kondisi kehamilan Anda tetap terjaga.

 

1. Jika produk pembersih memiliki bau menyengat atau mengeluarkan uap, jangan dihirup. Apabila Anda harus memakai produk tersebut, gunakan di ruangan yang ventilasinya baik.



 

2. Hamil atau tidak, jangan pernah mencampur amoniak dengan produk yang berbahan dasar kaporit. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan uap racun yang mematikan.

 

3. Bila pada label pembersih oven atau cairan dry-cleaning tertera peringatan bahwa bahan itu berbahaya untuk wanita hamil, sebaiknya jangan dipakai.

 



4. Selalu gunakan sarung tangan karet saat menggunakan produk yang kuat dan merupakan konsentrat. Selain menjaga keamanan kulit, ini juga untuk mencegah penyerapan zat kimia melalui kulit.

 

5. Membersihkan lingkungan rumah dari serangga juga penting, terutama di negara tropis di mana serangan nyamuk bisa fatal. Pada saat ada penyemprotan lingkungan rumah, pastikan semua peralatan makan, masak, mandi, dan pakaian tertutup plastik. Anda sebaiknya juga tidak berada di dalam di rumah saat penyemprotan pestisida atau pengecatan dilakukan.

 

6. Daripada terus-menerus menyemprotkan obat anti serangga dan pengharum ruangan, lebih baik bakar minyak esensial penghalau serangga di sudut-sudut ruangan rumah. (FR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: tips,   tips_aman_penggunaan_bahan_kimia,   rumah,   ibu_hami,   kehamilan,   zat_kimia,