Mother&Baby Indonesia
Tertawa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tertawa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bermain, membuat wajah lucu, bertingkah konyol, dan berbagi senyuman akan membuat Si Kecil lebih sehat secara fisik dan emosional. Tawa ceria juga lebih cepat menular dibandingkan virus flu.

 

Sementara itu, tertawa keras akan membuat sistem imun meningkat, memaksimalkan pembentukan energi, melancarkan sistem pencernaan, membuat Anda tetap langsing, dan membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak di malam hari.



 

Jika Anda tertawa lepas, risiko mengidap tekanan darah tinggi dan serangan jantung akan berkurang pula. Peneliti dari Vanderbilt Universities di Tennessee mengatakan, tertawa lepas selama 10-15 menit akan membakar 50 kalori Anda.

 



Tertawa juga membantu menghilangkan perasaan tidak enak dan mengurangi tingkah negatif. Peneliti dari Universitas Maryland di Baltimore menemukan, humor mengurangi efek stres, sementara tertawa terbahak-bahak membuat tubuh menghasilkan zat serotonin yang dapat mengurangi ketegangan dan kemarahan.

 

Selain itu, anak yang hidup penuh canda tawa juga akan tumbuh menjadi orang yang spontan dan optimis. Mereka dapat mengatasi masa sulit, seperti mengatasi ketakutan pada hari pertama sekolah. (SR/Aulia/DC/Dok. M&B)



Tags: kesehatan,   tertawa,   tingkatkan_sistem_imun,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020