Mother&Baby Indonesia
Waspada Jika Anak Mengeluh Sakit Perut!

Waspada Jika Anak Mengeluh Sakit Perut!

Jika bayi dan balita menderita sakit perut, periksa gejala-gejala lain yang menyertainya. Saat sakit perut disertai gejala berikut, segera bawa Si Kecil ke dokter.

 



1. Alergi makanan. Sakit perut disertai gatal-gatal, ruam kering di wajah, lutut, dan sikut. Wajah gatal dan bengkak pada bibir, mata dan hidung berair, muntah, diare, atau sesak napas.

 



2. Intususepsi (usus terjepit). Umumnya ditemui pada anak usia 6-36 bulan. Sakit perut yang bersifat kolik (bayi akan menjerit kesakitan kemudian diam), biasanya diikuti muntah berwarna hijau, buang air besar berlendir dan berdarah. Selanjutnya, akan terjadi pengeluaran lendir dan darah melalui anus.

 

3. Usus buntu. Sakit perut yang semakin parah dalam beberapa jam dan berpusat pada kanan bawah atau tengah perut, disertai nafsu makan buruk, suhu badan hangat dan mungkin muntah.

 

4. Hernia. Sakit perut bagian bawah dan terkadang juga disertai muntah. Periksa apakah ada benjolan di bawah pusar atau daerah genital (pada skrotum anak laki-laki). Waspadalah jika benjolan semakin besar, keras, gelap dan tidak bisa ditekan masuk. (FR/Sagar/DC/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   balita,   anak,   sakit_perut_anak