Mother&Baby Indonesia
Stimulasi Kecerdasan Si Kecil dengan Floortime

Stimulasi Kecerdasan Si Kecil dengan Floortime

Seiring perubahan zaman, tantangan yang dihadapi Si Kecil semakin bertambah. Berbagai 'tuntutan' dari orangtua dan masyarakat pun muncul, agar ia tumbuh menjadi orang yang sukses. Untuk menghadapinya, Si Kecil harus memiliki ‘ketangguhan’ yang ditanamkan dalam dirinya sejak dini. Di sinilah, floortime memiliki yang sangat peranan penting.

 

Floortime merupakan program stimulasi yang bertujuan untuk mendukung perkembangan kognitif dan emosi anak agar berfungsi optimal. Program tersebut diperkenalkan oleh Dr. Stanley Greenspan. Menurutnya, anak yang mencapai perkembangan kognisi dan emosi optimal adalah anak yang memperlihatkan kemampuan sesuai tahapan usianya. Ia juga harus bisa mempertahankan kemampuan tersebut pada situasi dan emosi yang berbeda.



 

Penelitian selama 25 tahun menunjukkan kegiatan floortime yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kemampuan Si Kecil dalam bidang akademis dan sosial. Selain itu, ia juga lebih memahami situasi lingkungan, fleksibel, dan toleran. Perlu dipahami pula bahwa kualitas kecerdasan kognitif dan emosi Si Kecil merupakan perpaduan dari pola individual yang dimiliki (nature), dengan lingkungan yang mengasuh dan membesarkannya (nurture). Keduanya saling terkait dan memengaruhi kepribadiannya.

 

Kegiatan floortime atau bermain bersama Si Kecil di lantai secara interaktif juga memiliki tujuan untuk mengembangkan semua potensinya, seperti:



1. Sensorik yang melibatkan 7 sistem indra.
2. Keterampilan motorik baik kasar maupun halus.
3. Komunikasi non-verbal,  verbal,  ekspresif, reseptif.
4. Emosi dan sosial, yakni diterima, disayang,  dihargai, percaya diri, empati, kerja sama.
5. Kreativitas, yaitu menyusun, menggambar dengan elemen imajinasi, dan bercerita.
6. Kognisi, seperti memecahkan masalah dan  berpikir logis.
7. Mengembangkan kedekatan emosi antara orangtua dengan anak.
8. Mengembangkan karakter mental yang sehat.

 

Ketika melakukan kegiatan floortime dengan Si Kecil, Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk mendukung minatnya dan membangun komunikasi yang menyenangkan. Di saat bersamaan, floortime juga akan meningkatkan kedekatan Anda dengannya, menantang rasa ingin tahunya, serta mendukungnya untuk menciptakan ide-ide secara kreatif dan spontan.

 

Seiring pertambahan usia Si Kecil, floortime tentu tidak perlu dilakukan di lantai. Anda dapat mengubahnya menjadi diskusi panjang yang menyenangkan untuk menggali ide-ide, minat, pendapat, dan cita-citanya. Untuk info lebih lengkap mengenai floortime, Anda dapat membacanya di sini ( Image: Dok. Anmum )



Tags: toddler,   floortime,   tips