Mother&Baby Indonesia
Kemampuan Anak Usia 0-24 bulan

Kemampuan Anak Usia 0-24 bulan

Seiring pertambahan usia Si Kecil, kemampuan yang dimilikinya pun akan semakin berkembang. Berikut penjelasan dr. Markus Danusantoso, Sp.A, terkait dengan perkembangan kemampuan seorang anak.

 

0-6 bulan



Di usia ini, anak akan menunjukkan kemampuannya dalam memegang dan memutar. Selain itu, ia dapat dilatih untuk melakukan koordinasi pergerakan jari tangannya. Konsentrasi untuk mengenal dan melatih memori akan warna, urutan, dan ukuran juga dapat dilatih di usia ini. Pada usia 6 bulan, anak sudah bisa belajar merangkak dan koordinasi mata dengan tangannya juga lebih baik.

 

9-12 bulan

Anak akan mulai belajar berjalan di usia ini. Ia juga memiliki kemampuan untuk duduk, jongkok, dan mendorong sesuatu. Kemampuan jari tangannya juga lebih banyak, seperti dapat menekan atau menggengam erat suatu benda untuk dimainkan.

 



12-18 bulan

Anak sudah semakin banyak bergerak. Koordinasi mata dan kakinya saat berjalan sudah lebih baik. Ia juga sudah mulai belajar melompat dan dapat dilatih melakukan permainan yang membutuhkan keseimbangan. Memori dan konsentrasinya juga sudah lebih baik, sehingga Anda bisa mulai mengenalkan angka kepada Si Kecil.

 

Di Atas18 bulan

Banyak kemampuan dan keterampilan yang bisa dilakukan anak pada usia ini. Ia mulai belajar mandiri dengan mengikatkan tali sepatu, membuka dan menutup kancing, dan memasang resleting sendiri. Selain itu, anak juga sudah bisa mengenal nama-nama perabotan rumah, jenis hewan, dan hal sederhana lainnya. Anda pun dapat melatih kemampuan imanjinasinya melalui cerita atau permainan yang kompleks. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: perkembangan_anak,   kemampuan_anak,   milestones










Cover April 2020