Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Mengajak Ngobrol Si Kecil

Pentingnya Mengajak Ngobrol Si Kecil

Sebaiknya Anda lebih aktif lagi mengajak bayi Anda mengobrol mulai dari sekarang ya, Moms! Sebab, para ilmuwan Irlandia yang melakukan penelitian tentang dampak dari membacakan cerita sebelum tidur pada 7.845 bayi usia 9 bulan mengungkapkan, bayi yang sering diajak mengobrol bisa lebih cepat berkomunikasi!

 

Dalam studi 94 persen bayi ditunjukkan berbagai gambar oleh orangtuanya, 80 persen dibacakan cerita, dan 66 persen selalu diajak bicara oleh Sang Ibu. Hasilnya menunjukkan bahwa berbicara dengan bayi mampu meningkatkan keterampilan komunikasinya 4 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan membacakan cerita atau menunjukkan gambar. Begitupun dengan penelitian yang dilakukan oleh Economic and Social Research Institute (ESRI), berbicara kepada anak membuat mereka 3 kali lipat lebih baik dalam menyelesaikan masalah.



 



Dilansir melalui Dailymail, Suzanne Egan, dosen Psikologi di University of Limerick's Mary Immaculate College, Irlandia, mengaku terkejut dengan hasil penelitian. “Kita berpikir efek positif dari membacakan cerita akan lebih besar daripada mengajak berbicara,” ujarnya. Untuk itu, mulai dari sekarang orangtua diharapkan lebih banyak mengobrol pada Sang Bayi meski mereka belum mengerti dengan apa yang ayah ibunya bicarakan. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   bicara










Cover April 2020