Mother&Baby Indonesia
Tidur Siang Menguatkan Ingatan Si Kecil

Tidur Siang Menguatkan Ingatan Si Kecil

Tidur siang sangat bermanfaat bagi bayi. Selain untuk pertumbuhan dan perkembangannya, penelitian terbaru dari Sheffield University, Inggris, menyebutkan tidur siang mampu membantu bayi menguasai dan mengingat berbagai keterampilan baru. Tidak hanya itu, bayi juga lebih cepat menyerap informasi dari cerita yang dibacakan sebelum tidur.

 

Penelitian dilakukan kepada 216 bayi usia 6-12 bulan. Para bayi yang sudah dibagi ke dalam 2 grup diuji untuk mempelajari hal baru, yaitu memasukkan dan melepaskan mainan boneka tangan. Pertama-tama mereka diajari lalu diperbolehkan bermain selama 4 jam dalam sehari dan 24 jam sebelum tes dilakukan.



 



Dilansir melalui M&B AU, bayi yang rutin tidur siang selama 30 menit dapat mengingat pelajaran yang diberikan bagaimana cara memasukkan dan melepaskan mainan tersebut dari tangan mereka. Sementara itu, grup bayi yang tidak tidur siang kesulitan melakukannya. “Studi ini menerangkan bahwa pembelajaran bisa dilakukan menjelang tidur siang dengan membacakan buku sampai mereka terlelap,” jelas Dr Jane Herbert dari departemen psikologi Sheffield University. Jadi, jangan sampai Si Kecil tidak tidur siang dan melewatkan cerita yang dibacakan oleh Anda ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   tidur,   memori,   tumbuh-kembang