Mother&Baby Indonesia
Waktu Memulai Seks Pasca Persalinan

Waktu Memulai Seks Pasca Persalinan

Setelah melahirkan, seks mungkin bukan menjadi prioritas Anda lagi. Anda akan disibukkan dengan berbagai agenda sebagai 'ibu baru'. Faktor kelelahan yang Anda alami juga memengaruhi faktor menurunkan gairah seks.

 

Sebuah survei menemukan bahwa waktu yang dibutuhkan ibu untuk memulai kembali hubungan seks setelah melahirkan sangat bervariasi, antara 6 minggu hingga lebih dari 6 bulan. Survei yang dilakukan oleh British Pregnancy Advisory Service (BPAS) di Inggris telah menemukan 23 persen  dari ibu baru mulai berhubungan seks 6 minggu setelah bayi mereka lahir. Sedangkan dari 1.350 ibu baru, 10 persennya menunggu lebih dari 6 bulan untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Waktu untuk memulai kembali hubungan seks ini juga dipengaruhi beberapa faktor, seperti jenis persalinan seorang ibu, rasa nyeri, kelelahan, serta merasa kurang nyaman dengan keadaan fisik mereka pasca melahirkan.



 

Menariknya, survei ini juga dibandingkan dengan data penelitian pada 1970-an, yang menunjukkan bahwa para ibu di tahun tersebut mulai kembali berhubungan seks jauh lebih awal daripada ibu baru saat ini, yaitu setelah minggu kedua dan keempat pasca melahirkan.

 

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus yang ideal untuk memulai kembali hubungan seks Anda setelah melahirkan. “Masing-masing ibu bisa mempunyai waktu yang berbeda. Yang harus diperhatikan ibu adalah lakukan seks pada waktu yang dirasa tepat bagi mereka masing-masing. Jangan lupa untuk memerhatikan kontrasepsi yang paling cocok sesuai kebutuhan, jika ingin menghindari kehamilan," ungkap Clare Murphy, tim BPAS di Inggris, dikutip dari M&B UK.

 



"Kami juga banyak melihat wanita mengalami kehamilan yang tidak direncanakan beberapa  tahun setelah melahirkan. Terkadang, hal ini terjadi karena minimnya informasi yang mereka dapat tentang menyusui dan kontrasepsi," lanjut Clare.

 

Clare memberi contoh pada mitos bahwa menyusui bisa menjadi 'alat' kontrasepsi yang efektif. Namun, kenyataannya peluang hamil masih bisa terjadi walaupun Anda menyusui. Tim BPAS mengimbau bagi para ibu baru untuk selalu meng-update dan menggali informasi tentang kesuburan pasca persalinan atau berkonsultasi dengan dokter Anda, karena setiap orang memiliki keadaan kesuburan yang berbeda. Dengan mengetahuinya, Anda bisa tahu dan mengatur strategi kapan Anda bisa kembali berhubungan intim dengan suami. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Agar Seks Tetap Hangat Pasca Persalinan



Tags: ibu,   seks,   kesehatan,   melahirkan,   seks_setelah_melahirkan










Cover April 2020