Mother&Baby Indonesia
Panduan Kehamilan di Trimester Kedua

Panduan Kehamilan di Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan trimester kedua, janin Anda akan semakin berkembang. Ada beberapa ibu yang memang sempat mengkhawatirkan tentang kondisi kehamilannya. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu cemas dengan banyak hal, jika mengikuti beberapa panduan kehamilan di trimester dua berikut ini.

 

1. Jangan Terlalu Banyak Informasi
Banyak menggali ilmu dengan membaca buku atau portal berita seputar kehamilan memang baik untuk persiapan Anda. Namun, berhati-hatilah terhadap informasi yang terlalu berlebihan. Menurut Dr. Bijlani, seorang ahli kesehatan di Inggris, banyak wanita hamil yang mengalami tuntutan untuk menjadi ibu yang sempurna setelah banyak menggali informasi tentang kesehatan mereka. Cukup dapatkan informasi yang memang Anda butuhkan, serta jangan terlalu berlebihan dan paranoid.



 

2. Hindari Stres
Batasi porsi Anda bekerja, hindari bekerja sampai membuat Anda kelelahan dan stres. Hormon stres Anda dapat memengaruhi kondisi janin bayi yang berisiko.

 

3. Quality Time
Hormon kehamilan Anda pada fase ini memang akan membuat Anda merasa kurang seksi. Namun, Anda harus tetap memiliki quality time berdua dengan pasangan secara fisik. Jika Anda tidak nyaman untuk berhubungan seks, cukup lakukan sentuhan-sentuhan hangat atau berpelukan sebagai gantinya. Anda juga bisa melakukan foreplay terlebih dahulu sebelum berhubungan intim.



 

4. Buat Daftar Belanja
Bagi wanita, belanja adalah salah satu obat penenang hati. Sempatkan waktu untuk berbelanja memenuhi keinginan Anda, sekaligus mencicil keperluan Si Kecil. Agar tidak 'lupa diri', buat daftar belanjaan barang-barang yang Anda butuhkan.

 

5. Buat Strategi Pekerjaan Anda
Agar Anda tidak kewalahan, buatlah strategi pekerjaan saat Anda bekerja. Susun list pekerjaan dengan mendahulukan pekerjaan yang paling mudah dikerjakan, agar Anda dapat memanfaatkan waktu dengan lebih efisien. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ibu,   hamil,   kesehatan,   trimester_dua,   panduan,  








Cover Maret 2020