Mother&Baby Indonesia
Olahraga untuk Persalinan yang Lebih Mudah

Olahraga untuk Persalinan yang Lebih Mudah

Siapkan tubuh Anda untuk menghadapi persalinan dengan berbagai latihan berikut:

 



  1. Tailor Sitting

Latihan ini memperkuat otot punggung, paha, panggul, dan memperkokoh postur Anda selama kehamilan. Latihan ini juga membantu melenturkan panggul sehingga mempermudah persalinan.

Duduk dengan punggung tegak. Tekuk kaki Anda dan pertemukan kedua telapaknya (posisi kupu-kupu). Tekan kedua lutut secara perlahan hingga mendekati lantai. Anda akan merasakan tarikan di daerah paha. Lakukan gerakan ini secara perlahan untuk menghindari cedera otot. Bersandarlah pada tembok ketika Anda kesulitan untuk menurunkan lutut. Tahan posisi selama 10-15 detik dan ulangi sebanyak 5-10 kali.

 



  1. Squatting

Gerakan ini mampu membuka panggul lebih lebar ¼ – ½ inci, sehingga memberikan ruang lebih untuk Si Kecil lahir. Namun, gerakan ini bisa sangat melelahkan bagi Anda, jadi berlatihlah sesering mungkin selama kehamilan.

Berdirilah dengan punggung bersadar pada dinding. Lebarkan kedua kaki Anda hingga sejajar bahu, dan buat jarak sekitar 3 cm antara kaki dengan dinding. Biarkan kedua tangan Anda rileks di samping badan. Secara perlahan, turunkan tubuh Anda dengan tetap meluruskan punggung hingga membentuk posisi squad atau berjongkok. Rendahkan tubuh Anda hingga posisi paha sejajar dengan lantai. Tahan selama 5-10 detik. Kemudian naik secara perlahan. Ulangi sebanyak 5-10 kali. (OCH/ Dok. Free Digital Photo)

 



Tags: olahraga untuk persalinan,   persalinan mudah,   olahraga ibu hamil










Cover April 2020