Mother&Baby Indonesia
Manfaat Lari

Manfaat Lari

Lari merupakan olahraga termurah dengan segudang manfaat. Coba simak fakta keuntungan dari olahraga ini, dikutip dari Times of India:

 

1. Kekuatan otot jantung jadi lebih maksimal. Dengan lari, ventrikel jantung yang memompa darah menjadi lebih tebal dan mengalami peningkatan ukuran sekitar 20 persen. Efeknya, kekuatan memompa darah menjadi lebih baik.



 


2. Menjaga kadar kolesterol dan membantu memperbaiki kadar gula darah. Jogging akan mengurangi kolesterol jenis LDL dan trigliserida, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL yang bersahabat bagi jantung. HDL akan naik 80-100 mg jika Anda rutin lari. Jogging juga dapat meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh. Pasien diabetes dianjurkan melakukan jogging secara rutin untuk mengontrol kadar gula mereka.

 



3. Normalnya, keadaan tubuh menyesuaikan diri terhadap penuaan sebesar 10-15 persen dalam jangka 10 tahun. Tapi bagi yang rutin lari, penyesuaian tubuh terhadap penuaan berjalan lebih lambat, hanya 5 persen dalam 10 tahun.

 


4. Lebih bahagia. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap para pelari (terutama marathon), diketahui, mereka memiliki tingkat rasa cemas, stres, dan depresi yang rendah. Tak hanya itu, mereka juga memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik. (OCH/ Dok. Free Digital Photos)
 



Tags: lari,   manfaat lari