Mother&Baby Indonesia
Memejamkan Mata Tingkatkan Daya Ingat

Memejamkan Mata Tingkatkan Daya Ingat

Terkadang saat di depan ATM dan ingin mengambil uang, tiba-tiba Anda lupa kombinasi nomor PIN-nya. Jika hal tersebut terjadi, ilmuwan menyarankan Anda untuk memejamkan mata sebentar sebab eksperimen menunjukkan, dengan memejamkan mata, kita menghalangi distraksi dari sekitar kita dan meningkatkan kekuatan otak dalam mengingat sesuatu.

 

Eksperimen dilakukan oleh para psikolog di University of Surrey, Inggris, dengan mengetes 200 pria dan wanita. Mereka diminta untuk menonton film pendek dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar film tersebut. Film pertama yang ditayangkan tidak bersuara dan menceritakan tentang seseorang yang mencuri listrik ketika ia sedang bekerja di rumah.



 

Lalu, saat peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan setelah menonton film, separuh dari mereka menjawab sambil memejamkan mata. Hasilnya, orang-orang yang tidak memejamkan mata berhasil menjawab soal dengan benar sekitar 48 persen. Sedangkan keberhasilan orang-orang yang menjawab sambil memejamkan mata mencapai rata-rata 71 persen.



 

Dilansir melalui Dailymail, Dr Robert Nash percaya menutup mata sebentar bisa menolong menghadapi masalah dalam situasi sehari-hari, seperti mengingat nomor PIN atau produk yang ingin dibeli saat di supermarket. Ia pun menyarankan polisi bisa meminta saksi mata memejamkan matanya ketika diwawancara agar mampu mengingat lagi kejadian yang disaksikan. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: otak,   daya_ingat,   mata








Cover Maret 2020