Mother&Baby Indonesia
Persiapan Menuju Persalinan

Persiapan Menuju Persalinan

Sejak pertama kali mengetahui kehamilan, banyak yang harus dipersiapkan, termasuk kesehatan fisik dan mental untuk menghadapi proses persalinan. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi momen paling bersejarah dalam hidup, yaitu kelahiran Si Kecil.

 

1. Pola Makan Sehat
Bumil harus menempatkan nutrisi yang baik sebagai prioritas utama. Menurut Sherry S. Rumsey, seorang doula dari Los Angeles, bumil harus menjalankan pola makan sehat dan mengontrol kenaikan berat badan yang ideal, serta berolahraga teratur untuk mempersiapkan tubuh mereka menghadapi persalinan. Sherry juga merekomendasikan konsumsi lemak baik bagi bumil, yang banyak terkandung dalam avokad dan flaxseed oil. “Lemak baik ini membantu jaringan tubuh menjadi lebih kuat selama persalinan,” tambahnya.



 

Selain itu, pilihlah makanan yang tak mengandung bahan adiktif, MSG, dan rendah garam atau natrium. Hindari pula konsumsi junk food dan minuman bersoda, dan perhatikan juga kadar konsumsi kafein harian Anda, serta perbanyak minum air putih.

 

2. Aktif
Olahraga merupakan salah satu kunci sehat selama hamil. Jika Anda memiliki waktu, daftarkan diri Anda dalam kelas-kelas khusus kehamilan, seperti pre-natal yoga atau pilates. Salah satu alasan yoga direkomendasikan untuk menghadapi persalinan adalah teknik bernapas yang baik. Seperti yang diketahui, teknik bernapas merupakan kunci utama dalam persalinan. Mengatur dan menggunakan napas tersebut untuk mengurangi rasa sakit serta mendorong tubuh hingga limitnya, merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam kelahiran bayi. Jenis olahraga lain yang baik bagi bumil adalah berenang, berjalan kaki, dan low impact aerobics.

 



Jika Anda kesulitan menyelipkan olahraga dalam agenda sehari-hari, cobalah menjadi aktif dengan cara lain, seperti berjalan kaki setidaknya 10 menit, pastikan lebih sering berjalan tiap jam, meski sekadar berkeliling ruangan. Jika Anda banyak berdiri ketika bekerja, pastikan untuk duduk 1 jam sekali.

 

3. Istirahat Cukup
Selama beberapa minggu terakhir kehamilan, pastikan Anda mendapatkan banyak istirahat dan tidur yang cukup. Dengan beristirahat yang cukup, Anda akan mengumpulkan stamina untuk persalinan. Sejak awal kehamilan, terapkan posisi tidur yang disarankan untuk bumil, yaitu miring ke kiri.

 

4. Rileks Tubuh dan Pikiran
Kurangi konsumsi kafein, hindari aktivitas berlebih mendekati waktu tidur, coba lakukan meditasi dan yoga, mandi air hangat, serta berlatih teknik pernapasan merupakan cara-cara terbaik menghabiskan akhir kehamilan Anda. Cara-cara ini juga baik bagi bumil yang mengalami kesulitan tidur. Jika ketakutan dan perasaan khawatir akan proses persalinan membuat Anda terjaga, cobalah daftarkan diri ke kelas parenting atau persalinan. Dengan menambah pengetahuan dan berbagi dengan sesama ibu lain, ketakutan Anda perlahan akan menghilang. Anda juga perlu lebih sensitif terhadap sinyal-sinyal yang diberikan tubuh Anda. (Vya/Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: persalinan,   ibu,   hamil,  










Cover April 2020