Mother&Baby Indonesia
Stres Saat Hamil Membuat Bayi Suka Menangis

Stres Saat Hamil Membuat Bayi Suka Menangis

Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya jangan merasa stres atau khawatir berlebihan. Pasalnya, berdasarkan penelitian terbaru, wanita yang mengalami stres, khawatir berlebihan, atau serangan panik saat hamil akan memiliki bayi yang lebih sering menangis daripada bayi pada umumnya.

 

Walaupun masih belum diketahui bagaimana kedua hal ini berhubungan, para ahli menyimpulkan bayi yang cengeng disebabkan oleh tingginya produksi hormon stres Sang Ibu selama hamil. Hormon stres tersebut mampu menembus plasenta dan memengaruhi perkembangan otak bayi.



 

Dr Clare Bailey, spesialis pola asuh, menyebutkan, “Para ibu dapat dengan mudah mengalami trauma negatif saat mengkhawatirkan janinnya. Semakin sering mereka mengalami cemas, semakin sedikit waktu tidur dan ketenangan yang mereka dapatkan. Nantinya, kecemasan ini dapat membuat mereka menjadi tertekan sehingga bayi jadi sering menangis dan menolak mereka.”

 



Studi yang dipublikasikan di jurnal Archives Of Disease In Childhood ini melakukan pengamatan kepada sekitar 300 wanita sejak awal kehamilan. Riwayat kecemasan dan depresi juga turut diperiksa dan mereka terus diwawancarai selama masa kehamilan sampai Si Kecil berusia 16 bulan. Hasilnya, 10 persen wanita dilaporkan sering menangis saat kehamilan. Lebih jauh, para ahli menemukan bahwa bayi-bayi yang lahir dari ibu dengan kekhawatiran berlebih secara signifikan lebih sering menangis dalam waktu yang lama.

 

“Ibu yang tenang, nyaman, dan percaya pada dirinya sendiri akan membantu bayi mengurangi tangisnya. Sementara ibu yang selalu cemas akan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Bayi sudah dapat merasakan emosi sejak awal kelahirannya,” ujar Dr Clare Bailey, seperti dikutip dari Dailymail UK. Sebagai tambahan, Dr Harriet Hiscock dari University of Melbourne, Australia, memperingatkan suami untuk tidak menyalahkan istri saat bayinya menangis sangat penting agar tidak menambah stres Sang Istri. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: wanita,   ibu,   hamil,   stres,   cemas,   bayi,   menangis










Cover Mei-Juni-Juli 2020