Mother&Baby Indonesia
Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan

Duduk Terlalu Lama Berbahaya Bagi Kesehatan

Saat sibuk bekerja, Anda bisa jadi lupa waktu dan terus fokus duduk di depan komputer. Mulai sekarang sebaiknya ubah kebiasaan tersebut, karena melakukan posisi duduk dalam waktu yang lama diasosiasikan dengan tingginya risiko peningkatan kolesterol dan lingkar pinggang Anda, sehingga dapat menyebabkan Anda terkena masalah jantung, diabetes, dan stroke. Selain itu, duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah di bagian kaki.

 

Dilansir melalui Dailymail, para ahli mengumumkan bahwa ketika duduk otot-otot menjadi kendur dan tidak memompa darah secara efektif ke jantung. Darah yang mengumpul di bagian kaki akan memengaruhi fungsi di dalam pembuluh darah, yang bertugas untuk memperluas peningkatan aliran darah. Bila hal tersebut terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan masalah jantung dan stroke.



 



Ilmuwan-ilmuwan dari Amerika Serikat pun menganjurkan orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk perlu berjalan kaki sekitar 3-5 menit setiap tiga jam sekali. Sebab, dari hasil studi terbaru yang dipimpin oleh Saurabh Thosar dari Oregon Health & Science University, Portland, AS, ditemukan, orang yang berjalan kaki selama lima menit setiap jamnya memiliki fungsi pembuluh darah kaki yang normal dibandingkan dengan orang yang sering duduk lebih dari satu jam. (Sagar/DT/Dok. Dailymail UK)



Tags: duduk,   pembuluh_darah,   kaki,   jantung,   stroke,   kesehatan








Cover Maret 2020