Mother&Baby Indonesia
Saat Perkembangan Si Kecil Terlambat

Saat Perkembangan Si Kecil Terlambat

“Anak saya sudah berjalan di usia 12 bulan!” Sementara para ibu lain sibuk berceloteh tentang perkembangan bayinya, Anda sedikit merasa minder dan mulai cemas mengapa Si Kecil belum juga bisa berjalan padahal usianya sama-sama 12 bulan. Tahan dulu rasa khawatir Anda ya Moms, sebab setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Jika Si Kecil lahir prematur, ia akan kesulitan mengejar milestone dan butuh waktu beberapa tahun untuk memiliki perkembangan yang sama seperti bayi normal lainnya. Begitu juga kalau ia mengalami sakit, perkembangannya pun dapat sedikit terlambat. Karenanya Anda perlu bersabar dan yakin Si Kecil akan melewati setiap tahapan perkembangannya.

 

Dilansir melalui Babycenter, rata-rata bayi di usia 13 bulan dapat mengucapkan 10 kata atau suara. Ini akan meningkat menjadi 50 kata atau suara ketika usianya mencapai 18 bulan. Namun lagi-lagi, setiap bayi berbeda. Terkadang banyak bayi yang agak kesulitan memproduksi kata atau suara meskipun mereka sudah paham banyak suara. Hal yang perlu diingat adalah bila Si Kecil terlihat tidak mengerti banyak suara, Anda bisa membawanya ke dokter untuk melakukan tes pendengaran. Selain itu, bila Si Kecil mengalami terlambat perkembangan 2 bulan dari bimbingan milestones, Anda baru dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter.



 



Sebaiknya Anda tidak perlu memberikan stimulasi yang berlebihan karena Si Kecil akan merasa kewalahan dan lelah. Bermainlah dengan Si Kecil di atas karpet lalu tatap matanya dan ajak bicara. Selalu berikan ia waktu dan dukungan. Sebab, pelajaran terbaik adalah dengan membiarkannya mencoba banyak hal tanpa terlalu banyak bantuan dari Anda. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   milestone