Mother&Baby Indonesia
Gairah Seksual Bumil Trimester Akhir

Gairah Seksual Bumil Trimester Akhir

Menurut konsultan dokter kandungan dan ginekolog M&B UK, Claudine Domoney, pada trimester ketiga umumnya bumil akan merasa kurang sensual terhadap bentuk tubuhnya. Dalam studi Portugis yang melibatkan 188 wanita hamil juga menunjukkan, lebih dari setengah persennya dilaporkan mengalami penurunan minat seks pada trimester ketiga.

 

Beberapa bumil juga cenderung fokus dengan rasa khawatir menjelang persalinan. Hal tersebut juga membuat minat seks bumil teralihkan. Tidak ada salahnya meminta pasangan untuk memberikan pijatan secara rutin agar Anda merasa lebih santai menjelang persalinan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Miami, ibu hamil yang diberikan pijatan selama 20 menit oleh pasangan mereka dalam waktu 16 minggu, menunjukkan penurunan hormon stres kortisol, dan peningkatan neurotransmiter dopamin, atau perasaan yang membangkitkan pikiran positif.



 

Saat mood seks Anda sedang muncul, cobalah dengan posisi baru yang membuat Anda lebih nyaman dan aman bagi kehamilan, seperti gerakan woman on top, sehingga Anda bisa mengontrol kedalaman penetrasi, atau spoon position, yaitu Anda dan pasangan berbaring menghadap satu sisi dengan posisi, dengan begitu penetrasi dilakukan suami dari belakang.

 



Sementara itu, bercinta saat menginjak usia kehamilan 9 bulan disebut dapat menginduksi kelahiran. Stimulasi puting yang dilakukan juga dapat melepaskan hormon oksitosin, yang dapat memulai kontraksi, demikian juga dengan prostaglandin dalam sperma. Bercinta pada periode ini perlu dilakukan dengan lembut. Selain itu, Anda juga bisa mencoba oral seks. Jika kehamilan Anda berisiko, konsultasikan pada dokter tentang posisi seks yang aman untuk Anda. (Aulia/DT/dok.M&B)

 

BACA JUGA: Gairah Seks Bumil Trimester Kedua



Tags: seks,   kehamilan,   hamil,   trimester_tiga