Mother&Baby Indonesia
Payudara Kencang Setelah Menyusui

Payudara Kencang Setelah Menyusui

Tanya
“Seorang teman mengatakan bahwa bentuk payudara akan berubah setelah melahirkan dan menyusui. Bagaimana cara mengencangkannya kembali?”
(Iphigenia, hamil 30 minggu)

 

Jawab
Kombinasi Pijat, Bra, dan Stretching

“Saya punya beberapa trik untuk mengencangkan payudara setelah melahirkan dan menyusui, yaitu:
1. Memijat payudara secara rutin menggunakan minyak zaitun. Selain memperlancar ASI, pijat juga membuat kulit di sekitar payudara menjadi elastis.
2. Menggunakan bra yang dapat menyangga payudara dengan baik. Menurut saya, sebaiknya setia, lah, memakai produk terpercaya yang cocok untuk Anda. Harga yang sedikit lebih mahal tidak seberapa dibandingkan hasil yang didapat untuk jangka panjang.
3. Olahraga dengan fokus stretching pada otot dada, untuk membantu mengencangkan otot-otot di sekitar payudara, sehingga payudara pun otomatis bertambah kenyal dan kencang.”
(Anceilia Dyah, ibu dari Vito, 3 tahun)



 

Jus Pepaya dan Susu Kedelai
“Berdasarkan pengalaman saya setelah menyusui Si Kecil, ada beberapa cara efisien dalam mengencangkan kembali payudara. Selain menggunakan bra yang baik, konsumsilah jus pepaya mengkal ditambah susu kedelai dan perasan jeruk nipis dua kali sehari. Sejak lama, pepaya dipercaya bisa melancarkan ASI dan tentu saja dapat mengencangkan payudara.”
(Dia Yulia, ibu dari Arkan, 3 tahun)

 

Senam Khusus Otot Dada
“Ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengencangkan kembali payudara setelah menyusui. Saya selalu melatih otot-otot payudara dengan gerakan senam khusus yang diajarkan instruktur olahraga saya. Selain itu, saya juga memakai krim pengencang payudara dan bra khusus dengan penopang yang mampu menyangga payudara dengan baik, sehingga payudara tidak kendur.”
(Fiji, ibu dari Mefi, 3 tahun 5 bulan, dan Abbey, 2 tahun 5 bulan)

 



Shea Butter dan Minyak Vitamin E
“Untuk menjaga payudara tetap kencang setelah melahirkan dan selama menyusui, pilihlah bra dengan ukuran yang pas. Bra yang pas dengan ukuran payudara pasti nyaman dipakai dan mampu menopang payudara dengan baik. Selain itu, untuk merawat kulit payudara, saya juga rutin mengoleskan shea butter atau minyak vitamin E sambil dipijat. Kulit pun akan terasa lebih nyaman. Di samping itu, pijat payudara juga baik untuk memperlancar ASI.”
(Lies Rostini, ibu dari Olivia, 4, dan Gia, 4 bulan)

 

Renang dan Aerobik
“Berdasarkan rekomendasi dokter, mengencangkan payudara setelah menyusui bisa dilakukan dengan efektif melalui jenis olahraga yang dapat memperkuat otot dada dan payudara, seperti renang atau aerobik. Kedua olahraga ini mampu mengurangi kandungan lemak pada jaringan susu, sehingga massa otot payudara bertambah dan payudara pun menjadi kencang.”
(Khrasnaya Roweina, ibu dari Valinra, 2 bulan)

 

(SDS/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: ibu,   wanita,   menyusui,   melahirkan,   payudara