Mother&Baby Indonesia
'Ngidam' Akibat Kekurangan Nutrisi

'Ngidam' Akibat Kekurangan Nutrisi


1. Cokelat
Cokelat kaya akan magnesium. Jika timbul keinginan yang kuat untuk mengonsumsi cokelat, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan mineral penting untuk kulit dan rambut. Selain itu, tingkat mineral dalam tubuh juga biasanya dapat menurun selama paruh kedua siklus menstruasi. Dalam beberapa kasus juga menunjukkan adanya keterkaitan dengan gejala PMS. Itu sebabnya, saat masa PMS wanita seringkali ngidam cokelat. Nicola Lowe, profesor ilmu gizi di University of Central Lancashire mengatakan, minum terlalu banyak alkohol, teh, kopi, dan soda juga dapat menguras kadar magnesium dalam tubuh Anda.

Sebaiknya:
Pilih cokelat yang setidaknya mengandung 75 persen kakao, agar berisi lebih banyak magnesium dan sedikit gula. Selain cokelat, konsumsi juga kacang, sayuran hijau, beras merah, dan roti gandum untuk menambah asupan magnesium.



2. Es
Dikutip dari sumber Daily Mail, keinginan mengonsumsi es ternyata bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi atau anemia. Belum diketahui persis mengapa es berkaitan dengan gejala anemia. Namun, Profesor Lowe mengatakan, ada kemungkinan es dapat meringankan peradangan yang menyakitkan di mulut, yang merupakan gejala anemia. Menurut Survey Nasional Diet dan Nutrisi di Inggris, setengah dari wanita di seluruh dunia tidak mendapat cukup zat besi di dalam tubuhnya, ditambah lagi adanya siklus menstruasi tiap bulannya menempatkan wanita pada peningkatan risiko anemia.
Sebaiknya:
Sumber terbaik zat besi adalah daging merah. Selain daging, sarden juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi asupan zat besi. Konsumsi juga suplemen zat besi saat periode menstruasi atau saat merasakan gejala anemia.



3. Makanan Manis
Saat ngidam makanan manis, Anda bisa jadi kekurangan kromium. Mineral ini bekerja bersama insulin untuk memfasilitasi penyerapan glukosa dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Penelitian pada pasien diabetes menunjukkan kromium juga dapat membantu meratakan kadar gula darah yang tidak menentu.
Sebaiknya:
Meskipun sangat menginginkannya, tetap kendalikan asupan manis Anda. Jangan sampai berlebihan, karena malah akan berdampak negatif dengan kadar gula di dalam tubuh Anda. Sebaiknya, konsumsi banyak makanan yang kaya kromium, seperti daging sapi, ayam, wortel, kentang, brokoli, asparagus, biji-bijian, dan telur.



4. Daging
Keinginan untuk mengonsumsi daging bisa menjadi tanda bahwa tubuh membutuhkan zat besi, tetapi juga bisa berarti tubuh Anda memiliki kadar seng yang rendah. Kadar seng dalam tubuh memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Jika kadar seng Anda rendah, bisa menjadi lebih rentan terkena flu atau pilek. Seng atau zinc juga berperan penting untuk pembelahan sel dan kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
Sebaiknya:
Anda bisa mengonsumsi daging merah, kerang, kacang, bayam, keju, dan roti gandum untuk menambah asupan seng di dalam tubuh. Peningkatan kadar zinc di dalam tubuh juga bisa mempersingkat durasi flu Anda.



5. Keju
Jika Anda tiba-tiba ingin mengonsumsi keju, bisa jadi Anda sedang rendah kalsium. Kalsium merupakan mineral penting pembentuk tulang. Tidak hanya membantu membentuk dan menjaga kesehatan gigi dan tulang, tetapi juga memainkan peran penting dalam saraf dan fungsi otot. Banyak wanita yang berisiko mengalami rapuh tulang atau osteoporosis pada usia 40-50 tahun.
Sebaiknya:
Konsumsi keju, susu, yoghurt, salmon kaleng dan sarden, brokoli, serta almond bisa menambah asupan kalsium dalam tubuh Anda. Dalam penyerapan kalsium, tubuh juga membutuhkan vitamin D yang bisa didapat dari sinar UV. Luangkan waktu selama 10 sampai 15 menit sehari untuk berjemur pada pagi hari.



6. Karbohidrat
Mengidamkan asupan karbohidrat dapat menjadi tanda Anda rendah asam amino triptofan. Zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk mengatur mood. Kurangnya kadar zat ini dapat menyebabkan suasana hati yang rendah, kecemasan, dan masalah tidur.
Sebaiknya:
Sumber yang baik dari triptofan, di antaranya kalkun, susu, telur, kacang mete, kenari, keju, dan pisang. Selain itu, meningkatkan asupan protein dapat membantu Anda menekan keinginan untuk mengonsumsi karbohidrat, serta meningkatkan mood.


Tidak hanya saat hamil, wanita memang kerap mengidamkan makanan tertentu secara tiba-tiba. Namun, tahukah Anda bahwa mendadak mengidamkan makanan tertentu ternyata bisa menjadi 'sinyal' bahwa tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu? Masing-masing jenis makanan yang diidamkan  pun bisa menunjukkan apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda, seperti yang ada pada penjelasan berikut. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)





Tags: ngidam,   wanita,   nutrisi,   kesehatan








Cover Maret 2020